Sukses

Ratusan Penumpang KMP Mutiara Persada II Demo di Pelabuhan Bakauheni

Aksi ini membuat arus lalu lintas yang mengarah ke dermaga itu macet.

Liputan6.com, Lampung - Ratusan Penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Persada II yang masih menetap di ruang tunggu melakukan aksi demo di jalur masuk dan keluar dermaga III, IV, V dan VI Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Seperti dilansir dari Antara, aksi ini membuat arus lalu lintas yang mengarah ke dermaga itu macet. Ratusan penumpang kapal tersebut marah lantaran pihak manajemen yang belum memenuhi janji.

"Ini janji-janji terus, dari kemarin disuruh tunggu jam sekian, tidak juga datang dijanjikan lagi, kami ini jauh perjalanannya," kata Ningsih (49) salah satu Penumpang KMP Mutiara Persada II, di Lampung Selatan, Sabtu (8/6/2019).

Mereka merasa kesal atas janji yang diberikan perwakilan manajemen KMP yang mengatakan bahwa pukul 10.00 WIB kapal sudah sandar di Bakauheni. Namun hingga pukul 12.45 WIB kapal yang mereka tunggu tidak kunjung merapat.

"Kata mereka jam 10.00 kapal sudah sandar, tapi kami perhatikan yang sandar di dermaga III kapal lain begitu juga kapal berikutnya yang sandar bukan kapal yang kami tumpangi," katanya.

Hal serupa dikatakan penumpang KMP Mutiara Persada II lainnya, Suhadi. Ia mengaku kecewa dengan keputusan manajemen.

"Apabila hari ini kapal tidak sandar dan mobil kami belum bisa keluar kita akan lakukan aksi ini hingga pagi hari," kata dia.

Sementara itu pihak Pelabuhan Bakauheni, meminta TNI/Polri untuk mendinginkan suasana dan memperlancar arus kendaraan di jalan masuk dermaga dengan terus memberi pengertian kepada para penumpang. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Kapal Kandas

Sebelumnya, Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Persada II yang mengangkut pemudik Lebaran Idul Fitri 2019 kandas. Kapal yang melaju dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni itu kandas di perairan Pulau Rimau Balak.

"Keseret arus gitu, malam kan hujan juga memang. Kebawa arus, keluar jalur," ujar Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap melalui sambungan telepon, Jumat (07/06/2019).

Kapal bermuatan penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera itu kandas saat akan sandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung sekitar pukul 04.00 WIB.

"Sudah mau masuk alur Bakauheni. Masih di pintu Bakauheni lah," terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.