Alasan Kebun Binatang Ragunan Selalu Jadi Primadona Saat Libur Lebaran

Oleh Ady Anugrahadi pada 08 Jun 2019, 18:06 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:01 WIB
Kebun Binatang Ragunan

Liputan6.com, Jakarta - Momentum libur Lebaran kerap dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga di mana pun berada, tak terkecuali lokasi wisata. Banyak masyarakat bersilaturahmi sekaligus rekreasi di tempat-tempat wisata.

Taman Margasatwa Ragunan (TMR) misalnya. Kebun binatang yang berada di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan itu selalu dipadati pengunjung setiap libur Idul Fitri tiba.

Kebun binatang tersebut selalu menjadi primadona warga Jakarta dan sekitarnya menikmati waktu libur. Beragam alasan mulai dari harga tiket yang terjangkau hingga wahana yang tersedia menjadi faktor wisata itu diminati masyarakat.

Jainuri (31) salah satunya. Warga Sawangan, Depok, Jawa Barat itu datang bersama istri dan anaknya yang masih balita.

Sejak pagi, Jainuri telah berkeliling ke berbagai kandang hewan di Kebun Binatang Ragunan, mulai dari harimau, gajah, jerapah, hingga orang utan. Ia ingin mengenalkan aneka ragam satwa kepada anaknya.

"Kami mutar-mutar udah ke mana-mana. Dari Timur ke Barat," ucap Jainuri kepada Liputan6.com, Sabtu (8/6/2019).

Dia mengaku senang bisa mengajak anak dan istrinya berlibur ke Kebun Binatang Ragunan. Dia berharap tempat wisata semacam ini diperbanyak.

"Tiket masuk murah meriah. Bisa berlibur sekalian menambah pengetahuan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan, I Ketut Widarsana mengatakan, Kebun Binatang Ragunan masih menjadi tempat favorit berwisata.

Buktinya selama libur lebaran jumlah pengunjung mengalami kenaikan yang signifikan. Sejak dibuka pada hari kedua Lebaran, jumlah pengunjung mencapai 107 ribu orang.

Kemudian hari ketiga jumlahnya 97 ribu orang. Saat ini, di hari keempat Lebaran 2019 sampai dengan pukul 11.00 WIB, total pengunjung sudah mencapai 65.426 ribu orang.

"Kami prediksi puncaknya di hari ini atau di hari Minggu. Perkiraan hari ini 150 ribu orang," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Pertunjukan Spesial

Taman Margasatwa Ragunan
Pengunjung berkeliling dengan kereta di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Kamis (6/6/2019). Setidaknya sebanyak 49.394 warga Ibu Kota dan sekitarnya mengisi libur Lebaran bersama keluarga dengan mengunjungi destinasi liburan murah meriah tersebut. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ketut menjelaskan, koleksi satwa di Kebun Binatang Ragunan ada 2.100 ekor. Sementara tanaman 52 ribuan pohon.

Yang menarik, pengelola punya pertunjukan khusus untuk satwa-satwa tertentu seperti orangutan, gorila, binturong, gajah dan harimau Sumatera khusus libur Lebaran 2019.

Satwa tersebut akan diberikan makanan sesuai dengan pakannya masing-masing dalam wadah berbentuk ketupat raksasa.

"Pakan satwa diletakan di dalam kandang, dan satwa-satwa tersebut akan berusaha untuk meraih dengan cara melompat atau memanjat," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓