Sukses

Libur Lebaran, Penumpang Bus Wisata ke Kota Tua Antre Sejak Pagi

Sejak pagi, penumpang yang mengantre di samping Masjid Istiqlal juga cukup panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ibu paruh baya, Eka, duduk di atas kursi plastik di dekat antrean penumpang bus wisata di Jalan Juanda, Jakarta Pusat. Dia tak kuat lagi berdiri mengantre di barisan penumpang.

"Panas. Saya enggak kuat, panjang gitu ngantrenya," cetusnya, Sabtu (8/6/2019).

Eka akan berwisata ke Kota Tua. Suami dan anaknya telah lebih dulu berangkat dengan bus wisata gratis. Dia tertinggal karena tak mau berdesak-desakan.

"Anak dan suami saya sudah nungguin di Kota. Saya ketinggalan," ujarnya kepada sesama warga yang tengah mengantre.

Salah seorang petugas mengatakan, operasional bus wisata gratis dimulai pada pukul 08.00. Sejak pagi, penumpang yang mengantre di samping Masjid Istiqlal juga cukup panjang.

Akhirnya pada pukul 11.30 WIB, Eka dan para penumpang bus wisata ini berhasil naik ke dalam bus yang siap mengantar sampai di Kota Tua.

Eka mengatakan telah menjadi tradisinya untuk jalan-jalan setelah Idul Fitri. Dia sengaja memilih Kota Tua sekalian mengunjungi keluarganya.

"Mau ke tempat kakak sekalian jalan-jalan," kata warga Klender, Jakarta Timur ini.

Eka dan keluarga sengaja berangkat ke kota tua menggunakan bus bertingkat tersebut. Selain nyaman, dirinya tak perlu mengeluarkan ongkos alias gratis.

"Daripada naik mobil lain, lebih enak naik ini, gratis," ujarnya tersenyum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hanya 15 Menit

Pekan terakhir cuti bersama ini juga dimanfaatkan untuk liburan oleh Syamel. Gadis remaja ini memilih naik bus wisata gratis bersama sepupu-sepupunya untuk mengelilingi objek wisata di Jakarta.

"Baru pertama kali naik ini. Tertarik, pengin nyoba," kata dia.

Naik bus gratis dari Juanda ke Kota Tua hanya memakan waktu sekitar 15 menit dengan rute melewati Harmoni, Glodok, dan terus menuju wilayah utara di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Berdasarkan pantauan, ruas jalan di sekitar kawasan Kota Tua cukup padat. Di persimpangan Museum Seni Rupa dan Keramik atau Jalan Ketumbar terjadi kemacetan karena padatnya kendaraan maupun warga yang akan menyeberang menuju kompleks Taman Fatahillah.

Bus wisata ini beroperasi dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Petugas mengingatkan kepada penumpang yang akan kembali menaiki bus wisata gratis agar mengantre di tenda yang telah disediakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.