Sukses

Ini Penyebab Terjadinya Bentrokan di Buton

Pemicu bentokan diduga berawal dari aksi sekelompok pemuda yang berkonvoi sepeda motor yang dinilai warga mengganggu ketentraman.

Fokus, Buton - Rekaman video amatir warga memperlihatkan puluhan rumah di Desa Gunung Jata, Kabupaten Buton terbakar, menyusul bentrokan antar dua kelompok warga di wilayah tersebut pada Rabu, 5 Juni kemarin. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (7/6/2019), pemicu bentokan diduga berawal dari aksi sekelompok pemuda yang berkonvoi sepeda motor yang dinilai warga mengganggu ketentraman.

Lantaran terjadi aksi pelemparan batu, bentrokan tak bisa dihindari hingga berujung pada aksi pembakaran rumah dengan bom molotov.

Polisi yang tiba di lokasi berusaha membubarkan dua kelompok warga tengah beraksi memblokade jalan. Akibat peristiwa ini, dua orang tewas, delapan lainnya luka serius, dan 87 rumah warga luluh lantak hangus dibakar.

Kapolda Sulawesi Tenggara yang mendatangi lokasi kejadian mengatakan akan menindak tegas otak dan para pelaku bentrokan tersebut.

"Sebab karena kesalahpahaman antara kedua desa. Yang mana diawali oleh pemuda yang melintas di antara kedua desa yang memainkan gas motor dan salah satu desa terganggu," kata Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjend Iriyanto.

Suasana di lokasi bentrokan masih mencekam. Sementara itu, ratusan warga terpaksa mengungsi ke desa lain. Untuk mencegah bentrokan susulan, ratusan personel dari Brimob Polda Sulawesi Tenggara dikerahkan ke lokasi kejadian.  (Rio Audhitama Sihombing)