Sukses

Jumlah Pengunjung Monas Membludak pada Malam Ini

Sebagian besar pengunjung berdatangan ke Monas pada malam hari ini karena ingin menyaksikan pertunjukan Air Mancur Menari.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pengunjung kawasan wisata Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, semakin ramai pada Kamis (6/6/2019) malam atau hari kedua libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monas, Munjirin mengatakan, jumlah wisatawan bertambah 38.073 orang menjadi 62.684 wisatawan pada malam ini. Padahal pukul 14.00 WIB Kamis, jumlah pengunjung Monas tercatat 24.611 orang.

"Di antara puluhan ribu orang yang datang, yang masuk ke Tugu Monas sebanyak 13.046 orang hingga pukul 19.00 WIB malam ini," kata Munjirin seperti dilansir Antara di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan pantauan, parkiran mobil dan motor Pintu IRTI Monas pun dipenuhi kendaraan pengunjung.

Sebagian masyarakat juga datang menggunakan Transjakarta sehingga membuat kawasan halte Transjakarta di Jalan Medan Merdeka Barat dan akses masuk Monas disesaki pengunjung.

Munjirin mengatakan sebagian besar pengunjung berdatangan pada malam hari ini karena ingin menyaksikan pertunjukan Air Mancur Menari yang ditampilkan pada dua sesi yakni 20.00 WIB dan 21.00 WIB.

"Kita akan gelar Air Mancur Menari. Kawasan wisata Monas akan kita buka hingga pukul 22.00 WIB," ujar Munjirin.

Pada Kamis ini, Monas pertama kalinya dibuka untuk perayaan Libur Lebaran, setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Monas dan kawasan wisata lainnya di Ibu Kota pada hari pertama Lebaran.

Pemprov DKI Jakarta menutup Monas pada Rabu 5 Juni 2019, hari pertama Libur Lebaran untuk memberikan kesempatan kepada pegawai UPT Monas merayakan Hari Lebaran

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Pengunjung

Salah satu pengunjung Monas, Fredi Aritonang berharap, pertunjukan di kawasan Monas dapat lebih menarik dibandingkan pada 2018.

Pria yang membawa kedua anaknya, mengaku rela berdesakan naik TransJakarta dari rumahnya di Kalideres, Tangerang untuk menyaksikan pertunjukan yang menurutnya murah-meriah di kawasan Monas.

Namun, Fredi mengeluhkan jarak dari halte TransJakarta ke pintu masuk yang begitu jauh. Seharusnya, lanjut dia, pengelola kawasan Monas dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerja sama agar alat transportasi umum seperti TransJakarta dapat mengantarkan pengunjung hingga pintu masuk Monas.

"Kalau seperti ini, saya harus jalan menggendong dua anak saya ke pintu masuk. Jaraknya sekitar satu kilometer, terus jalan lagi dari pintu masuk ke Tugu Monas, kan melelahkan," ujar Fredi yang hendak memasuki pintu Monas di persimpangan Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Pengunjung lainnya, Yanuar Riski, mengapresiasi kebersihan dan fasilitas umum seperti WC yang jauh lebih baik dibanding 2018.

Menurut dia, jarang terdapat sampah di dalam kawasan Monas seperti yang dia lihat pada tahun lalu.

"Sayangnya, ini baru buka saja, padahal saya sudah datang dari Depok pada Rabu siang kemarin. Ternyata tutup, tapi kurang diinformasikan," ujar Yanuar.

Adapun mulai Kamis ini, dan seterusnya kawasan wisata dan tugu Monas akan dibuka mulai pukul 07.30 hingga 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.