Sukses

Gempa Hari Ini Guncang Sangihe dan Kolaka Utara

Dari kedua gempa, magnitudo terbesar terjadi di Kepulauan Sangihe dengan 5,5. Apakah gempa tersebut berpotensi tsunami?

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini mengguncang dua wilayah di Tanah Air. Gempa pertama terjadi di Kepuluan Sangihe, Sulawesi Utara, sedangkan lindu kedua di Kabupaten Kolaka Utara, tepatnya di Kecamatan Lasusua.

Dalam catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kedua gempa terjadi dalam kurun waktu 03.41 WIB hingga pukul 12.03 WIB.

Dari kedua gempa, magnitudo terbesar terjadi di Kepulauan Sangihe dengan 5,5. Apakah gempa tersebut berpotensi tsunami? Hingga kini belum ada informasi apapun dari pihak BMKG.

Berikut dua gempa hari ini, Kamis (6/6/2019) yang mengguncang Indonesia:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Gempa Kepulauan Sangihe

Gempa dengan magnitudo 5,5 di Kabupaten Sulut ini terjadi pada pukul 03.41 WIB.

BMKG menyebut lokasi gempa terjadi di 333 km barat laut Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Dengan kedalaman mencapai 423 kilometer.

Sedangkan koordinat titik gempa berada di 6,32 Lintang Selatan (LS) dan 124,21 Bujur Timur (BT).

3 dari 3 halaman

2. Lasusua, Kolaka Utara

Gempa magnitudo 2,3 menggoyang Kabupaten Kolaka Utara terjadi pada siang tadi, pukul 12.03 WIB.

Lokasi gempa berada di darat atau sekitar 11,65 kilometer barat daya Kecamatan Lasusua. Sementara kedalaman gempa mencapai 10 kilometer.

Ada pun koordinat titik gempa dilaporkan BMKG berada di 3,6 LS dan 121,09 BT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Kolaka Utara

  • Gempa Sangihe