Sukses

Hampir 100 Ribu Wisatawan Padati Ragunan Hari Ini

Ketut menerangkan, rata-rata pengunjung datang di H+1 Lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Liputan6.com, Jakarta Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu tempat wisata utama dalam mengisi hari libur Hari Raya Lebaran. Pantauan di lokasi, hingga sore pukul 16.00 WIB, tercatat sudah hampir 100 ribu wisatawan memadati pusat margasatwa di Jakarta ini.

"Data kami mencatat pengunjung mencapai 99,688 orang. Padahal target kami hari ini 70 ribu orang," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Kebun Binatang Ragunan Ketut Widarsono di lokasi, Kamis (6/6/2019).

Ketut menerangkan, rata-rata pengunjung datang di H+1 Lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tercatat, 5,117 unit kendaraan roda empat, dan 15,216 unit kendaraan roda dua masuk gerbang parkir Kebun Binatang Ragunan hari ini.

Ketut mengatakan, ledakan jumlah pengunjung Ragunan ini akan terus bertambah setiap harinya hingga hari libur Lebaran usai. Dia pun memprediksi, total pengunjung nantinya bisa kurang lebih mencapai 800 ribu orang pada puncaknya.

"Hari puncak itu antara tanggal 8 sama 9 Juni, perkiraan kita di hari (per hari) itu mencapai 150.000 orang," jelas Ketut.

Ketut mengatakan, tingginya animo kunjungan masyarakat diantisipasi oleh pihak pengelola dengan menyediakan layanan medis, bila ada pengunjung yang kelelahan karena panas dan berdesakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Medis Siaga

"Pihak Kebun Binatan Ragunan sudah koordinasi dengan Dinkes. berikut juga dengan PMI, 2 mobil PMI beserta tenaga medis, Sudinkes Jaksel juga menempatkan 4 unit mobil dan tenaga medis, dan punya ragunan satu unit," tutur Ketut.

Terakhir, selain urusan medis, kebersihan juga menjadi konsen utama. Karenanya, pihak pengelola terus melakukan imbauan dengan pengeras suara kepada wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarang.

"Kami tempatkan tempat sampah menyebar di seluruh kawasan ini sampai 200 unit, petugas akan angkut sampah itu, kita armadanya banyak," Ketut menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.