Posko Kesehatan di Tangerang Deteksi 44 Pemudik Alami Batuk

Oleh Liputan6.com pada 06 Jun 2019, 20:32 WIB
Diperbarui 06 Jun 2019, 21:16 WIB
Abaikan Keselamatan, Pemudik Sepeda Motor Bawa Barang Lebihi Kapasitas

Liputan6.com, Tangerang - Sebanyak 44 pemudik menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi dilaporkan mengalami batuk dan darah tinggi usai diperiksa petugas posko kesehatan mudik Lebaran 2019.

"Ketika mengendarai sepeda motor dianjurkan menggunakan masker penutup mulut dan hidung karena banyak debu beterbangan," kata petugas posko kesehatan, Intan Purnama Sari di Tangerang, Kamis (6/6/2019) yang dilansir dari Antara.

Menurutnya, salah satu penyebab pengendara terkena batuk, karena polusi udara yang terhirup lantaran tidak memakai masker. 

Selain batuk, petugas medis di Pos Pelayanan Mudik kawasan Cita Raya, Kecamatan Cikupa juga mencatat ada sebagian pemudik yang terkena pusing dan penyakit lambung. Tak jarang ada yang merasakan mual hingga muntah. 

Pihaknya menyarankan pemudik yang merasa mual dapat beristirahat di areal yang sudah disediakan karena dapat mengganggu perjalanan.

2 dari 3 halaman

Didominasi Sepeda Motor

Lokasi Istirahat Favorit Pemudik Sepeda Motor Saat Lintasi Jalur Pantura
Pemudik sepeda motor bersiap melanjutkan perjalanan usai beristirahat di sebuah masjid di Jalur Puntura, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Masjid dan warung pinggir jalan jadi lokasi favorit pemudik sepeda motor melepas lelah saat melintasi Jalur Pantura (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jalan Raya Serang merupakan jalur utama ke beberapa kota di Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu atau sebaliknya. Jalur ini memang dominan dilintasi para pemudik yang menggunakan sepeda mtor. 

Jalur mudik nasional non tol itu juga menjadi satu-satunya yang dilalui ketika pemudik hendak menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten menuju Bakauheni, Lampung

Selain memantau kesehatan pemudik, Intan dan tim medis lainnya memeriksa para petugas yang bersiaga 24 jam di pos pelayanan tersebut. 

Pos kesehatan itu juga menyediakan ambulan dan dokter siaga untuk melayani medis pemudik dan petugas selama H-7 hingga H+7 Lebaran.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓