Sukses

Dibuka Hari Ini, Monas Antisipasi Lonjakan Pengunjung Libur Lebaran

jumlah pengunjung Monas yang datang hari ini hingga pukul 14.30 WIB mencapai 24.611 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Lokasi wisata Monumen Nasional (Monas) mulai dibuka untuk momen Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Kamis (6/6/2019). Pihak pengelola pun segera mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Munjirin mengatakan, jumlah pengunjung yang datang hari ini hingga pukul 14.30 WIB mencapai 24.611 orang.

"Dari sejumlah tersebut, pengunjung yang memasuki Tugu Monas sebanyak 8.972 orang," ujar Munjirin saat dikonfirmasi di Jakarta.

Melihat antusiasme warga dan kondisi libur lebaran dari setiap tahunnya, pihak pengelola Monas pun mempersiapkan antisipasi membludaknya pengunjung.

"Kita persiapkan untuk loket penjualan kartu Jack Card tambahan, mobile toilet, ambulans dan paramedisnya untuk antisipasi lonjakan pengunjung sampai dengan tanggal 16 Juni 2019," ucapnya.

Pihak pengelola Monas mengimbau agar pengunjung dapat bekerja sama menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Juga menjaga anak-anak dan keluarganya agar tidak terpisah.

"Jaga barang bawaan jangan sampai tertinggal atau hilang. Apabila kesehatan badan kurang enak dan kurang fit, datangilah posko kesehatan yang sudah disiapkan. Petugas kesehatan standby," kata Munjirin.

"Laporkan ke petugas keamanan Monas apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang memerlukan bantuan," ujarnya memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Tutup di Hari Pertama Lebaran

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup seluruh museum dan tempat wisata di Ibu Kota pada hari pertama Lebaran yang jatuh pada Rabu, 5 Mei 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi menyatakan, semua tempat rekreasi baru dibuka kembali pada hari kedua Lebaran. Tempat wisata di Ibu Kota itu dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

"Untuk memeriahkan suasana Lebaran, beberapa destinasi wisata sudah menyiapkan atraksi untuk warga," tutur Edy dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

Dia menjelaskan, pemprov menerapkan kebijakan itu karena mengikuti regulasi yang tercantum di dalam Peraturan Gubernur Nomor 63 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Kegiatan dan Penanganan Pengunjung di Tempat-Tempat Wisata Pada Hari Tertentu.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga sudah berkoordinasi dengan SKPD/UKPD terkait penanganan pengunjung yang meliputi tempat parkir, pedagang kaki lima, dan rekayasa lalu lintas. Edy pun berharap warga dapat menikmati libur Lebaran dengan aman dan nyaman.

"Di Anjungan DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah sudah menyiapkan kesenian musik dan tari yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Objek wisata Taman Impian Jaya Ancol juga turut menyiapkan pertunjukan musik dengan menampilkan artis ternama," dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.