Kendaraan Mulai Padat, Tol Jakarta-Cikampek Diberlakukan Contraflow

pada 06 Jun 2019, 17:05 WIB
Diperbarui 08 Jun 2019, 10:14 WIB
Contraflow Dibuka, Tol Jakarta-Cikampek Tetap Macet

Jakarta - Kepadatan kendaraan mulai terjadi di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Untuk mengurainya PT Jasa Marga atas diskresi kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow terhitung sejak pukul 11.10 WIB dari KM 29 sampai dengan KM 47.

"Contraflow diberlakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi jelang Rest Area KM 33A dan KM 39A Jalan tol Jakarta-Cikampek," ujar Corporate Communications Department Head, Irra Susiyanti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/5/2019).

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi titik awal pemberlakuan contraflow dengan memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan agar dapat masuk ke lajur dengan aman dan nyaman.

Selain itu pengendara diminta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Di waktu bersama Jasa Marga juga memberlakukan rekaya lalu lintas one way atau satu arah dari KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 263 GT Palimanan Jalan Tol Cipali.

"Pemberlakuan one way di hari kedua Lebaran imbas dari meningkatnya volume lalu lintas silaturahmi yang melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek di hari kedua ini," sambung Irra.

Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke arah ibu kota. Jasa Marga mengimbau kendaraan bus dan non golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal.