Hari Pertama Lebaran, 31.220 Kendaraan Lewati Jalur Puncak

Oleh Liputan6.comIka Defianti pada 06 Jun 2019, 13:05 WIB
Diperbarui 07 Jun 2019, 12:14 WIB
Puncak Bogor

Liputan6.com, Jakarta - Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan, Lebaran hari pertama kemarin sebanyak 31.220 kendaraan masuk jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Angka tersebut kata dia, ada peningkatan bila dibandingkan dengan dua hari sebelum Lebaran.

Fadli menyebut ketika H-1 Lebaran sebanyak 25.796 kendaraan yang melintas dan H-2 sebanyak 31.078 kendaraan.

"Jumlah itu dihitung berdasarkan kendaraan yang keluar dari pintu Tol Ciawi menuju Puncak atau Sukabumi," kata Fadli di Bogor, Kmais (6/6/2019 seperti dikutip Antara.

Kendati begitu, dia menyebut adanya penurunan sebanyak tujuh persen jumlah kendaraan bila dibandingkan dengan Lebaran 2018. Sebab, saat itu jumlah kendaraan mencapai 33.454.

Sementara itu, Fadli menyatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sejumlah rute selain Jalan Puncak bila menuju Cianjur, Cimahi, dan Bandung. Selain itu, Fadli memprediksi adanya peningkatan jumlah kendaraan pada H+1 dan H+2 Lebaran.

"Rute-rute panjang seperti Cianjur, Cimahi, Bandung tidak hanya terpaku lewat Puncak saja, tetapi bisa lewat Jonggol Exit Cibubur, atau lewat alternatif Sukabumi. Jadi cukup lumayan mengurangi kepadatan," ucapnya.

2 of 2

Jalan Puncak Bogor Padat

Jalur wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat mulai dipadati kendaraan. Mayoritas akan menuju ke sejumlah objek wisata yang berada di Puncak dan Cianjur.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pukul 08.00 WIB Kamis (6/6/2919), antrean kendaraan roda empat mulai terlihat di pintu Tol Ciawi hingga selepas Simpang Gadog.

Kemudian, kendaraan roda dua dan empat dari arah Tajur-Ciawi menuju Puncak terpantau padat merayap. Peningkatan arus lalu lintas mulai terjadi sejak Kamis dini hari.

Sementara kemacetan terjadi di Simpang Pasir Anging, Simpang Megamendung dan Pasar Cisarua, Simpang Taman Safari, dan Warung Kaleng. Hal ini disebabkan banyaknya keluar masuk kendaraan menuju lokasi wisata maupun aktivitas masyarakat sekitar yang akan bersilaturahmi ke sanak saudaranya.

Lanjutkan Membaca ↓