Sukses

Ribuan WNI Rayakan Lebaran di KBRI Kairo

Dubes Helmy mengaku selalu mengajak masyarakat Indonesia di Mesir yang tak sempat mudik Lebaran ke Tanah Air untuk berlebaran ke Wisma Duta.

Liputan6.com, Jakarta - Halal bihalal Idul Fitri 1 Syawal 1440 H di Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo dipadati tidak kurang dari 4.000 warga negara Indonesia (WNI), Rabu, 5 Juni 2019. 

"Idul Fitri merupakan momentum untuk saling memaafkan dan merajut persatuan dan persaudaraan antara sesama warga bangsa yang saat ini sedang berada di perantauan di Mesir," kata Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzi dalam keterangan tertulis yang diterima Antara, Kamis (6/6/2019). 

Lebaran kali ini merupakan ketiga kalinya bagi Dubes Helmy dan keluarga yang memulai penugasannya di Mesir pada 2016.

Pada setiap perayaan Lebaran, Dubes Helmy mengaku selalu mengajak masyarakat Indonesia di Mesir yang tak sempat mudik Lebaran ke Tanah Air untuk berlebaran ke Wisma Duta.

"Mudik Lebaran merupakan tradisi yang patut dipelihara untuk senantiasa menyegarkan akar kultural dan mengingatkan dari mana kita berasal," kata dia.

Hal yang sama juga diungkap Dwi Ria Latifa, istri Dubes Helmy.

"Berlebaran di Wisma Duta KBRI Kairo merupakan hal yg sangat dinantikan masyarakat Indonesia karena mereka merasa seperti mudik dan bisa bersilahturahim dengan kerabat dan sesama masyarakat Indonesia di Mesir," ujar Dwi yang kini tercatat sebagai anggota DPR RI dari PDIP. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Tali Silaturahmi

Untuk menghadirkan suasana Idul Fitri seperti di Indonesia di KBRI, Dubes Helmy menyajikan panggung hiburan dengan penampilan musik-musik Lebaran khas dari Tanah Air yang dibawakan para mahasiswa Indonesia yang belajar di Al Azhar dan dari Sekolah Indonesia Cairo.  

Selain itu, masyarakat Indonesia yang hadir juga dapat mengobati kerinduan berlebaran di Tanah Air dengan menikmati hidangan khas Lebaran Indonesia. Di antaranya ketupat lengkap dengan rendang, opor ayam, dan lontong sayur.

Kepada masyarakat Indonesia yang hadir, Dubes Helmy juga menekankan pentingnya pesan Lebaran untuk saling maaf memaafkan dan melupakan pertikaian serta merajut persatuan.

"Saya berharap momentum Idul Fitri dapat memperkuat tali silaturahim, tali ukhuwah antara masyarakat Indonesia di Mesir," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini