Sungai Asahan Tawarkan Paket Terbaik Jeram Top 3 di Dunia, Berani Coba?

Oleh stella maris pada 05 Jun 2019, 20:20 WIB
Sungai Asahan

Liputan6.com, Jakarta Anda suka wisata yang memacu adrenalin? Coba deh taklukkan jeram Top 3 Dunia milik Sungai Asahan yang terletak di Sumatera Utara. Sungai yang mengalir dari mulut Danau Toba ini menawarkan arus dan jeram yang kontinyu.

Dengan memberikan paket terbaik alias harga yang ramah kantong, membuat para wisatawan khususnya rafter dan kayaker puas setelah mengeksplor Sungai Asahan.

Bahkan potensi jeram Sungai Asahan diangkat dalam Bimtek beberapa waktu lalu. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman mengatakan, Sungai Asahan destinasi terbaik sport tourism.

"Bagi yang suka memanjakan adrenalin, maka Sungai Asahan menjadi destinasi terbaiknya. Karakter jeramnya sangat menantang. Arusnya kuat dengan debit airnya stabil sepanjang tahun. Para rafter dan kayaker dunia bisa datang setiap saat. Kami mengundang Anda semua untuk menaklukkan jeram level dunia milik Sungai Asahan. Apalagi momentumnya tepat, yaitu libur Lebaran," jelas  Dadang.

Untuk diketahui, jeram Sungai Asahan masuk Top 3 Dunia. Pesaingnya hanya Sungai Zambezi, Zambia, Afrika Selatan, atau Sungai Colorado di Amerika Serikat. Hanya, Sungai Asahan disebut punya banyak kelebihan.

Bisa eksplorasi melalui arung jeram dan kayak, arusnya memiliki kecepatan 200 meter kubik per detik. Sebab, sungai ini ditopang oleh Bendungan Sigura-Gura dan memiliki aliran curam sepanjang 22 kilometer serta membentuk tingkat kesulitan level empat dan lima. 

Arus derasnya mengikuti lembah Bukit Barisan yang eksotis. Ujungnya di Selat Malaka via Teluk Nibung. Lebih detail, sungai ini memiliki empat section tingkat kesulitan. Favoritnya, tentu saja sisi Never Ever End.

Untuk menikmati arus dan jeramnya secara utuh, rekomendasi diberikan melalui Homestay dan Asahan River Rafting yang menyiapkan treatment terbaik melalui paket-paketnya. Lokasinya di Meranti Utara, Pintu Pohan Meranti. 

Ada beberapa paket yang ditawarkan, tapi favoritnya adalah Full Day Rafting juga Rafting & Safari Air Terjun. "Beragam kemudahan ditawarkan oleh stakeholder pariwisata di Meranti Utara. Dengan paket tersebut, para rafter dan kayaker dunia akan mendapatkan banyak experience terbaik. Sebab, Sungai Asahan itu bukan hanya bicara jeram-jeram menantangnya. Di situ ada warna alam dan budaya yang luar biasa," terang Dadang lagi.

 

Sungai Asahan
Sungai Asahan merupakan salah satu lokasi terbaik untuk memacu adrenalin/beautifulholidaywallpapers.blogspot.com.

Lebih detail, paket Full Day Rafting dibanderol Rp750 ribu per orang. Paket ini sudah termasuk antar jemput dari bandara, penginapan, makan, dan tentu saja aktivitas rafting. Sebagai spesialisasi olahraga air, peralatan Asahan River Rafting sangat lengkap. Selain arung jeram, tersedia juga fasilitas kayak. Untuk operator pendampingnya pun sudah profesional. Bila tertarik silahkan hubungi 082161658591.

"Aktivitas arung jeram dan kayak di sana dijamin aman. Sebab, ada operator pendamping. Sebelum turun ke sungai, ada juga informasi penting yang disampaikan. Info ini diantaranya terkait karakter sungai beserta jeram-jeramnya," jelas Dadang.

Bagaimana dengan paket Rafting & Safari Air Terjun? Paket ini dibanderol Rp1,5 juta per orang. Durasi petualangannya 3D2N (3 Day 2 Night). Fasilitas yang didapat identik paket Full Day Rafting. Namun, wisatawan mendapatkan banyak nilai plus.

Selain menikmati sensasi arung jeram atau kayak, wisatawan pun diajak mengeksplorasi eksotisnya air terjun di sekitar Sungai Asahan. Lintasan rafting Sungai Asahan dihiasi sedikitnya 7 air dengan karakter khas. Ada Air Terjun Ponot yang memiliki ketinggian 250 Meter.

Keunikan lain ditawarkan Air Terjun Sialogo (175 Meter), Black Water (110 Meter), dan Aiklimut (100 Meter). Nama lainnya seperti, Air Terjun Si Harimau dan Natumika yang memiliki ketinggian masing-masin 50 Meter. Wisatawan juga bisa menikmati Green Canyon.

"Paket-paket yang ditawarkan sangat menarik. Para rafter dan kayaker memiliki space lebar menikmati eksotisnya Sungai Asahan dan Desa Meranti. Selain alam dan budaya, kuliner di sana khas dengan cita rasa nikmat. Silahkan berkunjung ke Meranti dan nikmati paket lengkap destinasinya," papar Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar Lokot Ahmad Enda.

Menawarkan sisi luar biasa, destinasi ini jadi rujukan utama wisman. Pelanggan Asia terdiri Malaysia dan Singapura. Para rafter dan kayaker Australia juga kerap ke sana. Penikmat jeram asal Eropa datang dari Italia, Swiss, dan Jerman. Slot lainnya diisi Amerika Serikat dan Kanada. Total arus wisman masuk mencapai 300 orang pada 2018. Dominasi 50 persen kunjungan diberikan Malaysia, lalu Australia 40 persen.

"Paket-paket yang ditawarkan sangat menarik. Harganya kompetitif. Wisatawan bisa mencoba banyak hal baru di sana. Experiencenya otomatis lengkap. Dengan bentang alam luar biasa, kawasan ini menjadi lokasi foto terbaik. Bila aktif di media sosial, maka kawasan ini akan menawarkan banyak konten terbaik. Destinasi tersebut juga ideal untuk menikmati libur Lebaran," tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

 

 

(*)