Sukses

Kebun Binatang Ragunan Tutup, Pengunjung Kecewa

Tutupnya kebun binatang Ragunan didasari Pergub no 63 Tahun 2018 terkait dengan optimalisasi kegiatan dan penanganan pengunjung di tempat-tempat wisata pada hari-hari tertentu.

Liputan6.com, Jakarta - Objek wisata Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan masih didatangi pengunjung walaupun tutup untuk pertama kalinya di hari pertama Idul Fitri 1440H, Rabu (5/6/2019).

Salah satunya adalah Wanto, yang mengaku tidak mengetahui bahwa Ragunan tutup di hari pertama Lebaran. "Saya tidak tahu kalau ternyata tutup. Padahal sudah ngajak anak-anak juga," kata dia yang ditemani istri dan kedua anaknya, seperti dilansir Antara.

Senada dengan Wanto, Ruri dan adiknya juga datang ke kawasan ini kendati kebun binatang Ragunan tidak beroperasi.

"Memang sudah niat ke sini pas hari H, tapi tutup. Ya sudah lah, kita foto-foto di depan saja, habis itu balik pulang lagi ke Kalibata," ujar Ruri.

Usai berswafoto, para pengunjung kemudian bertolak kembali ke kediaman masing-masing dan berencana akan kembali lagi ke Ragunan esok hari.

"Iya, mungkin besok ke sini lagi," kata Ruri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Tutup

Sementara itu, tutupnya kebun binatang ini didasari oleh Peraturan Gubernur (Pergub) no. 63 Tahun 2018 terkait dengan optimalisasi kegiatan dan penanganan pengunjung di tempat-tempat wisata pada hari-hari tertentu.

TMR mengikuti aturan baru yang dibuat Gubernur Anies Baswedan bahwa destinasi wisata milik atau dikelola DKI diliburkan pada hari pertama Lebaran.

Kendati demikian, TMR akan kembali beroperasi pada hari kedua lebaran yakni pada Kamis, 6 Juni 2019, dengan jam operasional pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Harga tiket masuk Ragunan pada saat libur hari raya Idul Fitri tetap sama dengan hari-hari biasa, yakni Rp4.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Tiket dapat dibeli melalui transaksi elektronik menggunakan Jakcard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.