Sukses

5 Kegiatan Jokowi Selama Rayakan Lebaran di Jakarta

Tidak hanya menerima tamu para pejabat negara, Jokowi juga menyempatkan diri untuk menemui warga yang sengaja datang ke Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi memilih untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 2019 kali ini di Jakarta. Biasanya, Jokowi merayakan Lebaran di kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Jokowi pun melakukan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Tak sendiri, Jokowi yang hadir sekitar pukul 06.40 WIB ditemani oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan putranya Kaesang Pangarep.

Setelah Salat Id, Jokowi menggelar open house di Istana Negara Jakarta. Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK juga nampak hadir dalam open house itu.

Tidak hanya menerima tamu para pejabat negara, Jokowi juga menyempatkan diri untuk menemui warga yang sengaja datang ke Istana Negara.

Selain itu, Jokowi melakukan silaturahmi ke rumah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Berikut 5 kegiatan Lebaran 2019 Jokowi di Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Salat Id di Istiqlal

Presiden Jokowi melaksanakan Salat Id bersama para jamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Jokowi hadir sekitar pukul 06.40 WIB bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan putranya Kaesang Pangarep.

Sementara Iriana memakai gamis berwarna putih. Sedangkan Kaesang mengenakan baju koko putih dengan peci hitam.

Begitu sampai, Jokowi langsung berjalan ke arah muka ruang salat dan mengisi barisan paling depan. Jokowi duduk satu saf bersama pejabat-pejabat lainnya seperti Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, serta beberapa menteri kabinet kerja yang lainnya.

Jokowi terlihat mengenakan setelan jas abu-abu, kemeja putih serta peci hitam. Yang menjadi Imam Rawatib Masjib Istiqlal yaitu Mantan Menteri Agama Said Agil Husin Al Munawar. Selain menjadi Imam Said Agil juga bakal menjadi khatib.

Dari pantaun sekitar pukul 06.30 WIB jemaah dari berbagai daerah terus berdatangan memadati lingkungan masjid. Sementara itu pengamanan di Masjid Istiqlal di perkekatat.

Presiden RI Joko Widodo, beberapa Menteri Kabinet Kerja, ulama, hinga pejabat tinggi negara melaksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tampak bersiaga di setiap pintu masuk dan bebera sudut Masjid. Setiap jemaah yang akan masuk diperiksa melalui metal detector.

 

3 dari 6 halaman

2. Open House di Istana

Jokowi menggelar open house di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat setelah salat Idul Fitri, Rabu (5/6/2019). Open house ini dihadiri para pejabat hingga masyarakat umum.

Open house dimulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan berlangsung selama dua jam.

Pada kesempatan ini, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta sang istri, Mufidah Kalla.

Senyum Jokowi dan Jusuf Kalla menyambut para tamu membuat momen lebaran semakin sejuk. Tidak lupa Jokowi dan JK pun menyambut para tamu dengan salam.

"Selamat Lebaran, maaf lahir batin," kata Jokowi saat bersalaman dengan para tamunya.

Jokowi dan Kalla kompak mengenakan peci hitam, dan kemeja putih dengan balutan jas hitam.

Sejumlah pejabat hadir dalam kesempatan itu, antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudji Astuti. Serta jajaran menteri kabinet lainnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Temui dan Salami Warga di Istana Negara

Jokowi langsung menemui para warga yang tengah antre untuk bersalamam dengannya saat open house Idul Fitri 1440 H di Istana Negara Jakarta.

Usai halalbihalal dengan pejabat negara, Jokowi langsung keluar dari Istana Negara untuk menemui para warga.

Berdasarkan pantauan, Jokowi secara mendadak keluar dari Istana Negara bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada pukul 11.00 WIB.

Saat itu, memang tengah giliran para warga untuk bersalaman dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Para warga yang tengah antre di Kompleks Istana Kepresidenan pun kaget melihat Jokowi keluar. Mereka berteriak histeris memanggil nama mantan Walikota Solo itu. Sebab, setiap tahunnya, warga harus antre dan masuk satu per satu untuk bersalaman dengan Jokowiz

"Pak Jokowi, Pak Jokowi keluar, Bapak saya dari Sumatera ingin bertemu Bapak...," teriak para warga ketika melihat Jokowi keluar dari Istana Negara.

 

5 dari 6 halaman

4. Temui Warga di Monas

Usai halalbihalal dengan pejabat negara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana mudik ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah.

Sebelum mudik, Jokowi menyempatkan diri bertemu warga yang antre untuk mengikuti open house di Lapangan Monas.

Jokowi tiba di Lapangan Monas sekitar pukul 11.40 WIB, Rabu (5/6/2019). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta maaf karena tak bisa menemui para warga satu per satu di Istana Negara.

"Saya mohon maaf karena yang di Istana yang ngantre lebih banyak. Di sini jauh lebih banyak. Sehingga saya lebih baik datang ke sini," kata Jokowi dari atas panggung.

Jokowi berterima kasih kepada masyarakat yang telah rela antre demi bertemu dengannya. Menurut dia, waktu open house sangat terbatas dan tamu yang hadir pun begitu banyak.

"Karena sebentar lagi saya juga harus pulang kampung, saya ingin ucapkan terima kasih pada yang besar-besarnya pada bapak ibu yang sudah rela berada di sini dan sekali lagi mohon maaf saya tidak bisa datang satu per satu," ucap Jokowi.

 

6 dari 6 halaman

5. Silaturahmi ke Rumah Megawati Soekarnoputri

Jokowi telah tiba di kediaman Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dia terlihat di dalam mobil bersama istrinya Iriana Jokowi.

Jokowi langsung masuk dari pintu utama rumah Megawati menggunakan mobil hitam dengan nopol RI 1. Dia hadir sekitar 13.00 WIB, tak lama setelah Putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, masuk ke dalam kediaman Megawati.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno terlihat juga bersamaan hadir bersama Jokowi, menggunakan kendaraan lain.

Kemudian, usai Jokowi masuk, sekitar 5 menit, AHY dan Ibas bersama keluarga, keluar dari kediamannya Megawati. Dia hanya mengucapkan selamat Idul Fitri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.