Sukses

Momen Lebaran Perdana SBY Tanpa Ani Yudhoyono

SBY bersama keluarga memilih untuk berziarah ke makam Ani Yudhoyono saat Lebaran 2019 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran 2019 menjadi Hari Raya Idul Fitri pertama bagi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tanpa ditemani sang istri, Ani Yudhoyono.

Seperti diketahui, Ani Yudhoyono meninggal dunia pada 1 Juni 2019 lalu di National University Hospital (NUH) Singapura.

Tanpa sang istri, SBY merayakan Lebaran bersama anak-anaknya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono serta kedua menantu Annisa Pohan juga Aliya Rajasa.

Mengingat masih berduka, SBY pun tidak menggelar open house. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon.

SBY bersama keluarga memilih untuk berziarah ke makam Ani Yudhoyono. Mereka kompak mengenakan pakaian batik hitam.

Berikut momen Lebaran perdana SBY tanpa sang istri, Ani Yudhoyono dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tak Gelar Open House

SBY tidak menggelar acara open house pada hari raya Idul Fitri 1440 Hijiriah. Sebab, SBY dan keluarga masih dalam suasana duka meninggalnya Ibu Ani Yudhoyono.

"Sehubungan dengan keadaan Bapak SBY dan keluarga yang masih dalam suasana berduka, open house Idul Fitri ditiadakan tahun ini," kata Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan lewat pesan singkat, Selasa, 4 Juni 2019.

Sementara, Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon menyebut bahwa SBY belum siap mengadakan open house tanpa didampingi sosok Ani Yudhoyono.

"Bapak tidak buka open house untuk tahun ini. Kata beliau kemarin, 'belum siap saya karena tidak ada Ibu Ani yang selama puluhan tahun ini menemani disamping saya menyalami para tamu yang datang'," kata Jansen.

 

3 dari 5 halaman

2. SBY Sakit

SBY tak mengikuti salat Idul Fitri tahun ini bersama keluarganya. Kondisi kesehatannya tak memungkinkan untuk melaksanakan salat sunah tersebut.

Pukul 06.55 WIB, hanya kedua putra SBY dan mendiang Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Edhie Baskoro Yudhoyono ditemani istri dan anak-anak mereka, yang salat di Masjid Al-Istoqomah di dekat Puri Cikeas Bogor.

AHY mengatakan, sebenarnya sang ayah sudah bersiap sejak pagi. Namun, karena kondisi kesehatannya tak memungkinkan, SBYurung berangkat.

"(Bapak) sangat kelelahan sehingga disarankan dokter istirahat dulu. Sebetulnya sudah siap tadi. Mohon doanya semoga Pak SBY sehat," kata AHY saat menuju masjid tempat salat Id dilaksanakan di dekat kawasan Puri Cikeas, Bogor seperti dilansir Antara.

Untuk menuju lokasi salat Id, di Masjid Al-Istoqomah, AHY dan keluarga menggunakan golf car. Tahun lalu, SBY yang mengendarai kendaraan itu dengan Ibu Ani yang duduk di sisi SBY.

 

4 dari 5 halaman

3. Ziarah ke Makam Ani Yudhoyono

SBY dan keluarganya mengisi momen Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah Rabu (5/6/2019) dengan berziarah ke makam almarhumah istrinya, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Pantauan di lapangan, SBY tiba sekitar pukul 10.45 WIB, dengan menggunakan batik warna hitam, cokelat. Ia ditemani oleh dua orang anak yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dua orang menantu, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono dan empat orang cucu. Yang mana mereka menggunakan batik yang sama dikenakan oleh SBY.

Selain itu, nampak juga beberapa kader Partai Demokrat yang merupakan partai besutan SBY seperti Putu Supadma Rudana, Amir Syamsuddin, juga Hinca Pandjaitan.

"Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin (sapa warga yang menonton). Teman-teman wartawan mohon maaf lahir batin," ujar SBY saat tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

Setelah menyapa awak media dan masyarakat SBY lainnya, mereka pun melaksanakan doa bersama. Sebelum berdoa, sesekali SBY mengusap batu nisan almarhum Ani. Hal itu juga diikuti AHY dan Ibas.

 

5 dari 5 halaman

4. Kompak Kenakan Batik Hitam

SBY ziarah ke makam almarhumah istrinya, Kristiani Herrawati atau akrab disapa Ani Yudhoyono, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Bersama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dua orang menantu, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono serta empat orang cucu, SBY tiba sekitar pukul 10.45 WIB, kompak mengenakan batik hitam, cokelat.

Selain itu, nampak juga beberapa kader Partai Demokrat yang merupakan partai besutan SBY seperti Putu Supadma Rudana, Amir Syamsuddin, juga Hinca Pandjaitan.

"Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin (sapa warga yang menonton). Teman-teman wartawan mohon maaf lahir batin," ujar SBY saat tiba di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Setelah menyapa awak media dan masyarakat SBY lainnya, mereka pun melaksanakan doa bersama. Sebelum berdoa, sesekali SBY mengusap batu nisan almarhum Ani. Hal itu juga diikuti AHY dan Ibas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.