Idul Fitri, Keluarga Tahanan KPK di Rutan Kelas I Jakarta Timur Padati Loket Pendaftaran

Oleh Delvira Hutabarat pada 05 Jun 2019, 10:38 WIB
Diperbarui 05 Jun 2019, 11:16 WIB
Makanan dan Keluarga Tahanan KPK Penuhi Antrean Kunjungan Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, puluhan keluarga dan kerabat tahanan KPK memenuhi loket pendaftaran kunjungan Rutan Kelas I Jakarta Timur, Cabang Rutan KPK, Rabu (5/6/2019).

Dari pantauan Liputan6.com, mobil-mobil mewah nampak berjejer di depan gerbang rutan. Nampak para keluarga turun dari mobil sambil membawa berkotak-kotak makanan sebagai oleh-oleh bagi keluarga mereka yang berada di dalam rutan. 

"Ini bawa makanan khas Lebaran aja sih, kayak opor gitu," ujar salah satu keluarga yang enggan disebut namanya, Rabu (5/6/2019).

Setelah mendaftar di loket, makanan serta barang yang dibawa terlebih dahulu harus dilaporkan di loker khusus pemeriksaan. 

Petugas KPK nampak memeriksa dengan seksama satu-persatu barang bawaan pembesuk. Satu persatu lalu dimasukkan ke box dan dibawa porter ke mobil bak terbuka untuk dibawa ke dalam rutan.

Setelah lolos pendaftaran dan pemeriksaan badan, selanjutnya keluarga maupun kerabat para warga binaan akan menunggu di ruang tunggu untuk akhirnya bisa masuk ke ruang kunjungan. 

Adapun jam besuk Idul Fitri kali ini di Rutan Kelas I Jakarta Timur adalah jam 09.00-12.00 WIB. 

2 of 3

Jadwal Kunjungan di Rutan KPK Cabang Guntur

KPK Tetapkan Korporasi Jadi Tersangka TPPU Kasus Bupati Kebumen
Jubir KPK Febri Diansyah memberi keterangan terkait dugaan TPPU di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/5). KPK menjerat korporasi dengan sangkaan TPPU berkaitan dengan kasus yang menimpa Bupati Kebumen Mohamad Yahya Fuad. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sementara itu, jadwal kunjungan keluarga pada saat Hari Raya Idul Fitri 1440 di Rumah Tahanan (Rutan) KPK Cabang Guntur, Jakarta Selatan, akan dilakukan pada Rabu dan Kamis, 5-6 Juni 2019, sejak pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

"Untuk Kunjungan saat Hari Raya Idul Fitri, keluarga dapat mengunjungi tahanan pada lebaran pertama dan kedua dari jam 09,00-12.00 WIB," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (4/6/2019).

Febri mengatakan, setelah cuti bersama Idul Fitri usai, maka jadwal kunjungan akan dikembalikan seperti semula, yakni setiap Senin dan Kamis.

"Jadwal berkunjung setelah Cuti Bersama Idul Fitri 1440 H kembali seperti semula," kata Febri.

Jumlah tahanan di Rutan K4 belakang Gedung Merah Putih KPK sebanyak 30 orang. Sementara di Rutan Guntur ada 23 orang dan di Rutan KPK Kavling C1 berjumlah 11 orang.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓