Sukses

Khatib Idul Fitri Istiqlal: Pentingnya Memaafkan

Mantan Menteri Agama Said Agil Husin Al Munawar, dalam khotbah salat Idul Fitri juga mengatakan, Indonesia merupakan wilayah unik dalam interkasi beragama.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Agama Said Agil Husin Al Munawar, dalam khotbah salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal mengatakan, Indonesia merupakan wilayah unik dalam interkasi beragama. Semua agama, saling menghormati perbedaan dan ramah terhadap adat istiadat. Termasuk Islam.

"Islam yang sesungguhnya menjadi ciri khas khas Islam Indonesia adalah yang ramah terhadap budaya lokal," ujar Said dalam khotbah salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Menurut dia, ciri khas Islam Indonesia adalah keharmonisannya dalam berkolaborasi dengan sosial budaya. "Bukan Islam dengan pola Timur Tengah yang kering, tetapi juga bukan Islam yang mencampur ritual lokal dengan Islam, tetapi Islam yang berciri Islam Indonesia yang unik." ucap dia.

Sebagai bangsa yang multietnis, agama, dan bahasa, Said menyebut masyarakat Indonesia sesungguhnya sudah kaya pengalaman.

"Modal historis ini telah menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang besar dalam dinamika relasi antarsatu suku dengan lainnya, dan antara satu agama dengan lainnya," kata Said.

Selain itu, Said membahas pentingnya sifat pemaaf. Menurut dia, Islam mengajarkan umatnya untuk menjadi pemaaf. Dengan menjadi pemaaf maka manusia sudah berhasil melawan hawa nafsu mendendamnya.

“Selain itu salah satu ciri orang bertkwa adalah pemaaf. Itulah sebabnya, sikap itu melekat pada nabi dan rasul,” ucap Said dalam khotbah Idul Fitri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.