Sukses

Pengurus Gereja Katedral Sediakan Kantong Parkir untuk Salat Idul Fitri

Pukul 04.00 sudah mulai dibuka bagi umat muslim yang akan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Gereja Katedral Jakarta menyediakan kantong parkir bagi umat muslim yang akan melaksanakan salat Idul Fitri 1440 Hijriah di Masjid Istiqlal pada Rabu 5 Juni 2019.

"Pukul 4 subuh nanti sudah mulai dibuka bagi umat muslim yang akan salat Id di Istiqlal," ujar anggota Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Gereja Katedral Fendi Buda, Selasa (4/6/2019) seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, kapasitas area parkir di dalam Katedral mampu menampung hingga 100 mobil dan ratusan sepeda motor. Area parkir ini memang kerap diberikan Gereja Katedral pada hari raya, baik Idul Fitri dan Idul Adha.

Menurut dia, dibukanya fasilitas parkir untuk umat muslim yang akan merayakan hari raya bukanlah yang pertama kalinya. Setiap agenda besar keagamaan, antara Istiqlal dan Katedral selalu saling membantu.

"Setiap tahun kita gantian kalau Natal kita ikut parkir di sana (Istiqlal), kalau Idul Fitri di sini," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijaga Banser

Nantinya, ratusan personel baik dari pihak Gereja maupun Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) akan menjaga di sekitar gereja untuk menjaga keamanan serta merawat keharmonisan antarumat beragama.

Aparat kepolisian pun akan sama-sama membantu menjaga baik di dalam maupun di luar area gereja. "Ini sebagai simbol kerukunan antarumat beragama dan ini harus terus dirawat," kata Fendi.

Sebelumnya, Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan pihak masjid menyediakan empat alternatif kantong parkir bagi jemaah shalat Id yaitu Gereja Katedral, Lapangan Banteng, kantor Kementerian Agama dan Hotel Borobudur

Abu menyebutkan langkah ini merupakan antisipasi terkait adanya renovasi pada sebagian area parkir masjid hingga tidak bisa digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.