Sukses

Anies: Tradisi Takbiran Harus Dijaga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti takbir keliling yang ada di sekitar wilayah Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti takbir keliling yang ada di sekitar wilayah Jakarta. Dia memantau ketertiban dan keamanan selama takbiran berlangsung.

Anies mengaku senang dengan antusiasme warga mengikuti takbiran jelang Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya, tradisi takbiran adalah suatu hal yang harus dijaga.

"Di Jakarta pun bukan pengecualian, karena itu di Jakarta kita mengizinkan untuk kegiatan takbiran ini dilaksanakan, dan kita ingin agar warga merasakan ini adalah tanah mereka sendiri, ini adalah rumah mereka sendiri," ujar Anies di Rusunawa KS Tubun, Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Anies menyatakan, dulunya takbiran adalah kebiasaan berkeliling dengan obor untuk menyambut Idul Fitri saat lampu belum ada. Takbir keliling sudah dilaksanakan oleh masyarakat Indonesia selama ratusan tahun.

Menurutnya, tugas pemerintah dalam hal ini adalah memastikan keamanan dan ketertiban selama takbiran.

"Izinkan warga Jakarta menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri, dan inilah yang sekarang kita kembalikan di Jakarta," kata Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.