Sukses

JK Ungkap Pembicaraan saat Bertemu Prabowo Usai Aksi 22 Mei

Kepada JK, Prabowo menyampaikan keinginnnya untuk mengajukan gugatan sengketa pilpres ke MK.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) beberapa hari lalu sempat bertemu calon presiden Prabowo Subianto di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Prabowo mengutarakan akan menjalankan proses konstitusional di Mahkamah Konstitusi. 

"Dalam pertemuan itu Prabowo tentu ingin menjalankan proses konstitusional," kata JK di rumah dinasnya, Jalan Dipenogoro, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2019). 

Tidak hanya itu, JK mengungkapkan Prabowo juga sempat memerintahkan pendukungnya agar menghentikan aksi. 

"Karena itu, waktu saya ketemu, beliau di depan saya menelepon semua orang-orangnya untuk menghentikan semua aksi massa. Dia perintahkan untuk menghentikan semua aksi massa. Dan akan menjalani proses konstitusi yang baik," kata JK. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengakui Wakil Presiden Jusuf Kalla telah bertemu Prabowo Subianto. Namun Jokowi tidak membeberkan apa saja pertemuan yang dibicarakan JK dan Prabowo.

"Ya kemarin sudah ketemu (JK dengan Prabowo). Kemarin Pak Wapres pak JK sudah ketemu (Pak Prabowo)," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif JK

Jokowi menjelaskan pertemuan tersebut adalah insiasinya bersama JK. Seharusnya usai pertemuan tersebut, Jokowi dan JK bertemu namun tidak jadi.

"Saya belum ketemu Pak JK. Harusnya siang tadi (ketemu pak JK), tapi ada acara lain, jadi belum ketemu," kata Jokowi.

Dia mengakui sesudah bertemu JK dan menyampaikan hasilnya akan bertemu Prabowo. Jokowi juga berjanji jika sudah bertemu akan memberitahukan kepada publik.

"Nanti kalau Pak Wapres sudah menyampaikan ke saya, baru saya bicara. Harusnya tadi pagi dengan Pak Wapres, tapi karena beliau ada urusan yang, syaa juga ada. Kalau sudah ketemu nanti saya sampaikan," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi