Sukses

Andi Arief: Ada Setitik Sinar di TMP Kalibata yang Bagus Buat Bangsa

Andi Arief tak terkejut melihat Megawati menghadiri pemakaman Ani Yudhoyono di Kalibata. Megawati dan SBY bertemu dan bersalaman di lokasi tersebut.

 

Liputan6.com, Jakarta - Wasekjen DPP Partai Demokrat Andi Arief tak terkejut melihat kedatangan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri saat upacara pemakaman istri Presiden RI ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono di TMP Kalibata. Menurutnya komunikasi antara Megawati dan SBY berlangsung baik.

"Saya enggak terkejut karena Ibu megawati dan Pak SBY ini hubungannya biasa-biasa saja dan tak ada penghalang. Selama ini komunikasi baik langsung maupun tak langsung dilakukan," kata Andi Arief di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/6).

Andi memahami bila ada kesan tidak harmonis antara Partai Demokrat dan PDIP sejak tahun 2004 hingga 2014 lantaran beda sikap politik. Sehingga aroma antara penguasa dan oposisi masih tercium hingga sekarang.

"Sekarang kan 2019 sudah set up, semua diset up baru sehingga oposisi dengan yang berkuasa bisa menjadi satu. Yang dulunya mungkin saja berkuasa bisa menjadi oposisi," tuturnya.

Baginya, sudah kehendak sejarah keduanya saling bertemu untuk merajut kembali hubungan baru dalam politik. Dia berharap para elite politik memberikan contoh yang baik untuk generasi penerus.

"Ibu Mega kan orang yang dia memang orang yang keras tapi memiliki prinsip dan ternyata ada tanda-tanda baik. Ada setitik sinar di Kalibata yang bagus buat bangsa, buat semua," kata Andi.

"Karena Pak SBY, Bu Mega, Pak Habibie tokoh-tokoh tua di partai lain bisa dikatakan dalam usia sun set, dalam artian karena usia, sehingga dalam politik mereka pelan-pelan berkurang. Ini contoh bagi generasi muda," tambah Andi Arief.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salami Mega

Dalam pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu 2 Juni 2019, hadir sederet tamu, diantaranya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Ketua Umum PDIP ini duduk persis berdampingan dengan Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri almarhum Presiden ke-4 RI Shinta Abdurrahman Wahid. Mega terlihat berbalut blus hitam.

Saat peti jenazah tiba di dekat liang lahat, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyalami para tamu yang hadir, termasuk Megawati Soekarnoputri. Usai bersalaman, SBY duduk diapit Ibu Negara Iriana Jokowi dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Prosesi pemakaman Ani Yudhoyono dilangsungkan secara kemiliteran. Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara dalam pemakaman ini.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini