Kapolri: Ani Yudhoyono Sosok yang Mengayomi

Oleh Yopi Makdori pada 02 Jun 2019, 23:12 WIB
[Fimela] Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku bahwa almarhumah Ani Yudhoyono merupakan sosok yang sangat baik serta mengayomi.

Dirinya mengaku, saat aktif di Detasemen Khusus Anti-teror 88 (Densus 88) di masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (DBY), dia kerap kali bertemu dengan almarhumah.

"Saya kebetulan dapat percepatan kenaikan pangkat luar biasa di zaman Bapak SBY. Dari Kombes ke Brigjen dari Brigjen ke Irjen bintang dua. Dua kali percepatan karena pengungkapan kasus-kasus terorisme dan melaporkan langsung kepada beliau bersama kapolri saat itu,"ungkap Tito saat prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Karena sering menghadap SBY, oromatis juga bertemu dengan Ani Yudhoyono. "Ibu sosok yang sangat menaungi, mengayomi dan sangat baik," tambahnya. 

Bagi Tito, almarhumah di matanya terlihat sangat keibuan. Ia terlihat selalu tersenyum sehingga membuat dirinya merasa sejuk.

"Sangat keibuan selalu senyum menyamikan sesuatu, itu yang terasa kita menjadi sejuk. Jadi dengan kepergian beliau saya pribadi, keluarga, istri saya sempat datang pada saat kemarin hari Sabtu langsung berangkat dan sempat membacakan Surat Yasin di rumah sakit ketika beliau baru saja wafat," tutur Tito.

Kala Ani Yudhoyono awal-awal dirawat di rumah sakit di Singapura, Tito mengaku bahwa dirinyalah pihak luar yang pertama kali menjenguk almarhumah.

"Ketika beliau, saya mendapat info beliau waktu itu masuk rumah sakit, saya mungkin di luar keluarga yang dapat pertama bersama istri ke sana," kata Tito.

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓