Annisa Pohan: Kecintaan Pak SBY Buat Ibu Ani Pantang Menyerah Lawan Kanker

Oleh Lizsa Egeham pada 02 Jun 2019, 19:16 WIB
Annisa Pohan dan Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Menantu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Annisa Pohan mengungapkan seberapa besar rasa cinta mertuanya dengan almarhumah Ani Yudhoyono. Istri Agus Harimurti Yudhoyono itu menceritakan bahwa SBY dan Ani saling mencintai satu sama lain.

Hal itu dibuktikkan kala SBY selalu setia menemani Ani Yudhoyono yang berjuang melawan penyakit kanker darah di Singapura. Menurut Annisa, cinta SBY itulah yang membuat Ani semangat dan tak menyerah melawan penyakit kanker.

"Kalau saya ucapkan, tidak ada kata-kata yang bisa mengekspresikan bagaimana hubungan bapak SBY dengan Ibu. Dan terlihat sekali di saat-saat terakhirnya Ibu Ani, Bapak sangat mencintai luar biasa dan itu juga yang membuat Ibu selama ini semangat pantang menyerah melawan kanker," ujar Annisa usai pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Annisa menyebut, SBY sangat setia menemani dan menjaga Ani Yudhoyono selama masa kritis. Bahkan, dia menceritakan SBY hanya tidur dua jam saat kondisi Ani mulai menurun.

"Iya bahkan kemarin juga ketika di ICU, Bapak menginap di tempat pasien dengan kasur di lantai. Itu hanya bisa tidur dua jam karena tiba-tiba Ibu kondisinya mulai menurun. Saya pun juga tak bisa tidur," ucapnya.

 

2 of 3

Sosok Penyayang

Potret Annisa Pohan setia temani Ani Yudhoyono
Potret Annisa Pohan setia temani Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/annisayudhoyono)

Dia pun mengenang Ani Yudhoyono sebagai sosok yang sangat menyayangi dan peduli kepada keluarga dan masyarakat. Menurutnya, Ani selalu menjadi inspirasi bagi anak-anaknya.

"Beliau selalu menjadi inspirasi bagi kami anak-anaknya untuk menjadi sosok yang terkasih, untuk menjadi sosok yang menyayangi dan peduli bukan hanya kepada keluarga. Tapi juga kepada banyak orang," tutur Annisa.

Jenazah Ani Yudhoyono dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 14.58 WIB, Minggu (2/6/2019).

Jenazah Ani Yudhoyono dikebumikan di dekat makam Ibu Negara ketiga, Ainun Habibie. Upacara pemakaman dilakukan secara militer.

Dalam upacara tersebut, riwayat singkat Ani Yudhoyono turut dipaparkan. Termasuk juga penghargaan yang diterimanya semasa hidup. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara pemakaman jenazah Ani Yudhoyono.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓