Usai Ani Yudhoyono Dimakamkan, Banyak Warga Ikut Tabur Bunga

Oleh Yopi Makdori pada 02 Jun 2019, 17:08 WIB
Warga melakukan tabur bunga di makam Ani Yudhoyono yang dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Usai prosesi pemakaman mantan Ibu Negara Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono, warga banyak yang turut serta tabur bunga di Tempat Pemakaman Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Hingga pukul 16.00 WIB, warga masih banyak berkumpul di sekitar makam Ani Yudhoyono.

Terlihat nisan almarhumah Ani Yudhoyono tertutup oleh bunga karena saking banyaknya warga yang tabur bunga, Minggu (2/6/2019). Selain tabur bunga, mereka juga terlihat sibuk berswafoto di atas kuburan tersebut.

Bukan hanya kuburan almarhumah Ani Yudhoyono, kuburan istri presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie, almarhumah Ainun Habibie juga tak luput dari taburan bunga warga. Kebetulan letak kuburan Almarhumah Ani berdekatan dengan kuburan Almarhumah Ainun.

Salah satu warga yang sengaja datang jauh dari Palu, Sulawesi Tengah mengungkapkan bahwa tabur bunga yang ia lakukan merupakan bentuk penghormatan bagi almarhumah. Di matanya Ani merupakan sosok yang lembut.

"Ini saya lakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir karena apapun kata orang ibu telah mendampingi bapak (SBY) selama 10 tahun kepemimpinannya," kata Indria di TMP Kalibata.

Indria mengungkapkan pernah bertemu dengan Ani saat Open House pada saat Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat sebagai presiden pada 2012. Saat itu ia menilai Ani sebagai pribadi wanita Jawa yang lembut.

"Beliau bagi saya lembut seperti wanita Jawa pada umumnya ayu dan kalem. Saya pernah bertemu beliau pada 2012 saat Pak SBY masih presiden. Saat itu acara Open House lebaran," tutur Indria.

Sampai berita ini ditulis, warga masih sibuk tabur bunga dan berfot-foto di atas kuburan almarhumah Ani Yudhoyono

2 of 3

Upacara Pemakaman

Ani Yudhoyono
Ani Yudhoyono saat berjuang melawan kanker darah. (dok. Instagram @annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/ByLMjsPjuwp/Putu Elmira)

Jenazah Ani Yudhoyono dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 14.58 WIB, Minggu (2/6/2019).

Jenazah Ani Yudhoyono dikebumikan di dekat makam Ibu Negara ketiga, Ainun Habibie. Upacara pemakaman dilakukan secara militer.

Dalam upacara tersebut, riwayat singkat Ani Yudhoyono turut dipaparkan. Termasuk juga penghargaan yang diterimanya semasa hidup.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjadi inspektur upacara pemakaman jenazah Ani Yudhoyono. 

"Saya Presiden RI atas nama negara, bangsa, dan tentara Republik Indonesia dengan ini mempersembahkan kepada persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan almarhumah nama Kristiani Herawati, jabatan ibu negara keenam, putri Sarwo Edi Wibowo yang telah meninggal dunia pada Sabtu 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura karena sakit," ujar Jokowi.

"Semoga jalan dan darma bakti yang ditempuhnya menjadi suri teladan, dan arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka, inspektur upacara Presiden Jokowi," Jokowi mengakhiri.

 

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓