Unggahan Menyayat Hati Annisa Pohan Usai Ani Yudhoyono Wafat

Oleh Devira Prastiwi pada 02 Jun 2019, 15:01 WIB
Diperbarui 02 Jun 2019, 15:56 WIB
Annisa Pohan

Liputan6.com, Jakarta - Ani Yudhoyono tutup usia pada Sabtu, 1 Juni 2019. Ia meninggal dunia di National University Hospital (NUH) Singapura karena sakit blood cancer atau kanker darah yang dideritanya.

Kepergian Ani Yudhoyono menyisakan luka mendalam bagi keluarga. Mulai dari sang suami yang juga Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta kedua anaknya Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Tak hanya itu, kedua menantunya, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa juga merasa kehilangan sang mertua tercinta.

Saat Ani Yudhoyono meninggal, Annisa Pohan, istri dari Agus Harimurti Yudhoyono sempat menggunggah kata-kata di akun sosial media Instagram Story miliknya.

Setelah itu, Annisa juga mengunggah sebuah video saat Ani Yudhoyono hendak diizinkan keluar rumah sakit. Dalam video itu, terlihat sekali keakraban keduanya.

Berikut kata-kata dan unggahan Annisa Pohan melalui akun sosial media Instagram @annisayudhoyono usai ditinggal oleh sang mertua Ani Yudhoyono untuk selama-lamanya dihimpun Liputan6.com:

 

2 of 5

1. Memohon Doa

Unggahan Annisa Pohan Yudhoyono, istri Agus Yudhoyono
Unggahan Annisa Pohan Yudhoyono, istri Agus Yudhoyono melalui akun Instagramnya. (Instagram @annisayudhoyono)

Istri Agus Yudhoyono, Annisa Pohan membenarkan sang mertua, Ani Yudhoyono meninggal dunia. Melalui unggahan Instagram Story miliknya @annisayudhoyono, ia menuliskan kabar soal wafatnya Ani Yudhoyono.

"Telah berpulang ke Rahmatullah, Isteri/Ibunda/Eyang kami Memo tercinta, Ibu Kristiani Herrawati Binti Sarwo Edhie Wibowo (Ani Yudhoyono), Isteri Presiden RI ke-6, Prof.Dr. Susilo Bambang Yudhoyono di usia 67 tahun pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2019 pukul 11.58 waktu Singapura bertempat di National Univesity Hospital (NUH), Singapura," tulis Annisa, Sabtu, 1 Juni 2019.

Tak hanya itu, Annisa juga meminta kepada seluruh masyarakat agar Ani Yudhoyono diberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

"Mohon doa supaya beliau Khusnul Khotimah, diterima semua amal ibadah, diampuni segala dosa dan almarhumah ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menerima takdir Allah SWT ini. Amien YRA.

Keluarga Besar Susilo Bambang Yudhoyono," tutup unggahan Instagram Story Annisa Pohan Yudhoyono.

Ani Yudhoyono mengalami sakit kanker darah kurang lebih selama 4 bulan. Ani sempat menjalani perawatan intensif di Singapura sejak 2 Februari 2019.

Pada Jumat 31 Mei 2019, kondisi Ani Yudhoyono dikabarkan kembali memburuk. Bahkan sebelum pergi untuk selama-lamanya, Ani Yudhoyono menjalani perawatan intensif di ruang ICU.

 

3 of 5

2. Unggah Video Ani Yudhoyono

Potret Annisa Pohan setia temani Ani Yudhoyono
Potret Annisa Pohan setia temani Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/annisayudhoyono)

Annisa Pohan mengunggah video kebersamaannya bersama Ani Yudhoyono di Instagram. Dalam video tersebut, istri dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu tengah merekam kegiatan Ani Yudhoyono di dalam ruang rawat inap.

Dalam video yang sudah dilihat hampir 2 juta orang itu, Annisa bertanya apa yang tengah dilakukan oleh mertuanya itu. Sambil mengayunkan kakinya, Ani Yudhoyono mengaku menjalani latihan demi aliran darahnya kembali membaik sekaligus agar kakinya yang terlihat membesar segera pulih.

"Iya itu bengkak kakinya, biar kempes," suara Annisa terdengar di video.

"Sehari bisa dua kali, tiga kali, terserah kita (mengayuh ke depan atau ke belakang) yang penting goyang," Ani membalas. tak lama kemudian terlihat kehadiran Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) membawa kopi.

Dalam unggahan tersebut, Annisa menceritakan saat itu merupakan kondisi terbaik Ani Yudhoyono selama empat bulan di rumah sakit.

"15 Mei 2019. Di sini Memo dalam kondisi yang paling baik dari 4 bulan di Rumah sakit, karena hasil darahnya cukup bagus untuk keesokan harinya diperbolehkan keluar kamar sebentar untuk menghirup udara segar. walaupun malam-malam Memo sangat exercise sehingga dapat semakin kuat untuk jalan. Terlihat mukanya sangat bahagia karena tidak sabar menyambut besok," kata Annisa.

 

4 of 5

3. Minta Maaf Tak Maksimal Merawat Ani Yudhoyono

Potret Annisa Pohan setia temani Ani Yudhoyono
Potret Annisa Pohan setia temani Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/annisayudhoyono)

Menantu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Annisa Pohan, mengenang kondisi Ani Yudhoyono yang sempat membaik saat menjalani perawatan di Singapura.

"Di sini Memo dalam kondisi yang paling baik dari 4 bulan di Rumah sakit, karena hasil darahnya cukup bagus untuk keesokan harinya diperbolehkan keluar kamar sebentar untuk menghirup udara segar," kata Annisa Pohan melalui akun instagram @annisayudhoyono Minggu (2/6/2019) dini hari.

Memo adalah sebutan kesayangan untuk Ani Yudhoyono dari Almira Tunggadewi Yudhoyono, Putri pasangan Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan.

Melalui unggahan tersebut, Annisa mengenang bagaimana sang ibu mertua semangat latihan sehingga dapat semakin kuat untuk jalan.

"Walaupun malam-malam Memo semangat exercise sehingga dapat semakin kuat untuk jalan. Terlihat mukanya sangat bahagia karena tidak sabar menyambut besok. Tidak menyangka tidak lama setelah itu kembali drop kondisinya," ujar dia.

Dalam unggahan tersebut, Annisa meminta maaf kepada Allah kalau selama menjadi menantu Memo, perilaku dan perkataannya meyakiti ibu mertua.

"Memo maafkan Annisa, Annisa merasa belum maksimal dalam merawat Memo, seharusnya Annisa bisa lebih baik lagi," tutup Annisa Pohan dikutip dari Antara.

5 of 5

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓