Sukses

Warga Antusias Melihat Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono

Jenazah Ani Yudhoyono, akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 15.00 WIB, Minggu (2/6/2019)

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 15.00 WIB, Minggu (2/6/2019). Pemakaman akan didahului dengan upacara militer.

Pantauan Liputan6.com di depan TMP Kalibata pada pukul 12.30 WIB warga banyak berdatangan untuk menyaksikan prosesi pemakaman mantan ibu negara yang wafat pada Sabtu 1 Mei 2019 pukul 11.50 waktu negara Singapura.

Salah satunya adalah Karin, warga Pulogadung, Jakarta Timur. Ia sengaja datang bersama anak dan suaminya untuk melihat kedatangan jenazah Ani Yudhoyono.

Karin mengaku sedih mendengar wafatnya Ani Yudhoyono meskipun tidak mengenal secara pribadi. Dia turut merasa kehilangan.

"Dia kan Ibu Negara kita, apalagi dia kan terkenal baik. Walaupun di sini kita hanya lihat ambulans-nya doang," kata Karin sambil menggandeng anak laki-lakinya di trotoar depan TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Hal yang sama juga dirasakan Suryati yang berkediaman di Pancoran, Jakarta Selatan. Dia mengaku turut berbelasungkawa atas kepergian Ani Yudhoyono. Di matanya, almarhumah adalah orang yang ramah sehingga meskipun ia tidak mengenalnya ia cukup bersimpati dengannya.

"Saya ke sini sebagai tanda penghormatan terakhir kepada almarhumah. Kami ikut berbelasungkawa. Saya seneng aja sama beliau. Orangnya ramah, baik, keibuan ndak judes, bener-bener kaya Ibu Negara," ucap Suryati ditemani anak dan suaminya.

Meskipun cuaca panas dan tengah puasa, banyak masyarakat terlihat begitu antusias menunggu kedatangan jenazah Almarhumah Ani Yudhoyono. Sebagian dari mereka banyak terlihat mengabadikan sekitar TMP Kalibata dengan ponselnya.

Sementara itu polantas terlihat sibuk mengatur lalulintas di Jalan Kalibata yang sampai saat ini belum dilakukan penutupan jalan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penutupan Jalan Sementara

Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta, siang ini. Jalan di depan TMP Kalibata akan ditutup sementara.

Kabag Ops Polres Jaksel AKBP Lendi Agustinus mengatakan, kepolisian sudah melakukan rekayasa lalulintas sejak 10.00 WIB. Pantauan di lokasi sudah banyak polisi yang mengatur.

"Sudah mulai kami berlakukan mulai jam 10. Sudah dilakukan pengaturan," ujarnya di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

Lendi mengatakan, pihaknya akan melakukan penutupan jalan sementara. Penutupan saat rombongan kendaraan jenazah Ani Yudhoyono tiba di lokasi.

"Itu hanya ditutup sementara. Ketika mobil rombongan masuk ke objek, maka dibuka kembali," kata dia.

Penutupan jalan itu diperkirakan akan dilakukan selama 30 menit. Atau setelah kendaraan masuk jenazah Ani Yudhoyono ke TMP Kalibata.

"Kan mobil yang melintas juga cepat. Hanya sampai mobil rombongan sampai ke objek. Paling lama 30 menit, tidak sampai 1 jam," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.