Sukses

SBY: Saat Sakit Bu Ani Bilang Pasrah Tapi Tidak Akan Menyerah

Pendopo Puri Cikeas, Bogor menjadi tempat disemayamkannya jenazah mantan Ibu Negara Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Bogor - Pendopo Puri Cikeas, Bogor menjadi tempat disemayamkannya jenazah mantan Ibu Negara Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, Minggu (2/6/2019). Saat jenazah tiba di pendopo, sang suami, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengungkap betapa kuatnya Ani Yudhoyono menghadapi sakit kanker darah yang dideritaya.

"Selama 4 bulan keluarga mendampingi setiap hari, siang dan malam, Bu Ani tahu sakitnya sangat ganas, agresif. Bu Ani bilang, 'saya pasrah tapi tidak akan pernah menyerah, never give up'," ungkap SBY.

Oleh karena itulah, sambung SBY, pada 31 Mei sebenarnya kondisi Ani Yudhoyono sudah sangat drop. Tetapi Ani Yudhoyono memilih berusaha untuk bertahan selama 24 jam.

"Waktu itu saya sadari hanya mukzizat-Mu yang bisa mengubah keadaan. Ternyata Allah mengambil keputusan lain, saya yakin itu keputusan yang terbaik," kata SBY.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimakamkan di TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan memimpin upacara prosesi pemakaman Ibu Negara Presiden ke-6 RI, Ani Yudhoyono. Jenazah direncanakan akan dimakamkan Minggu (2/6/2019) siang di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan rencana pemakaman yang dilansir Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indryani, jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Puri Cikeas pada pukul 08.00 WIB, yaitu di Pendopo Cikeas.

"Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan memberikan penghormatan terakhir," kata Osa dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/6/2019).

Pada pukul 12.00 WIB, digelar Salat Dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan Salat Jenazah.

Pukul 13.30 WIB, upacara persemayaman Jenazah Ibu Ani di Pendopo Cikeas dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju TMP Kalibata dengan Inspektur Upcara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Pukul 15.00 WIB dilakukan pemakaman Jenazah dengan prosesi militer dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.

Adapun rute perjalanan rombongan Jenazah Ani Yudhoyono adalah, kediaman Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-Taman Makam Pahlawan Kalibata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.