Harapan Kader di Daerah Jika Bamsoet Maju Jadi Ketum Golkar

Oleh Yusron Fahmi pada 28 Jun 2019, 10:19 WIB
Yusron Fahmi/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I dan II Partai Golkar menyatakan dukungan kepada Bambang Soesatyo untuk maju sebagai calon ketua umum pada Musyarawah Nasional (Munas).

Sejumlah DPD tersebut di antaranya adalah DPD I Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh DPD kabupaten Kota se-Kepulauan Riau, beberapa DPD II Jawa Barat yakni DPD Kota Cirebon dan Ciamis, serta Maluku dan Papua.

Dukungan itu disampaikan langsung sejumlah secara tertulis yang diwakili oleh masing-masing DPD di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2019).

Provinsi Kepulauan Riau menjadi DPD I yang pertama menyerahkan dukungan yang diwakili Ketua DPD I Golkar Ansar Ahmad.

"Hari ini saya kedatangan beberapa kawan-kawan DPD II, seluruh provinsi Kepri dan sebagian Jawa Barat. Sebetulnya, kawan-kawan daerah dari beberapa waktu lalu ingin berkunjung ke Jakarta namun saya cegah, karena saya kadung komitmen menunggu hasil MK, dan tidak ingin menambah kegaduhan baru di partai," kata Bamsoet usai menerima dukungan dari sejumlah DPD Golkar di Ruang Kerjanya, Senayan, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Dalam dukungan tertulisnya tersebut, sejumlah DPD memembrikan beberapa persyaratan kepada Bamsoet yang kini menjabat Ketua DPR itu.

"Yang pertama adalah daerah mengharapkan Partai Golkar tetap setia dan mendukung pemerintahan Jokowi hingga selesai," katanya.

Yang kedua, mereka berharap tidak ada keputusan Partai Golkar tingkat pusat tanpa melalui mekanisme partai yang ada dan harus mengacu pada Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga serta Peraturan Organisasi.

Kemudian yang ketiga tidak ada lagi Pelaksana tugas harian yang mengisi jabatan di daerah.

Keempat mereka berharap menghadapi tantangan zaman pengurus Partai Golkar harus diisi lebih banyak anak-anak muda sekurang-kurangnya 60-70 persen diisi anak-anak muda, dan tetap mengacu kepada PDLT.

"Kelima mereka berharap ketua umum Partai Golkar hanya 1 periode. Dan saya juga setuju dengab bahwa ketua umum partai Golkar hanya 1 periode, sehingga kaderisasi di partai terus berjalan dengan lancar, tidak macet. Karena partai harus terus menerus melakukan penyegaran dan menyesuaikan dgn tantangan zaman," katanya.

2 of 3

Tunduk Pada Aspirasi Bawah

Bamsoet mengaku jika nantinya terpilih akan tunduk pada aspirasi pengurus Golkar di daerah. "Kalau saya terpilih, Saya akan patuh kepada aspirasi daerah," ujarnya.

Karena masih pengurus DPP Golkar saat ini, Bamsoet berencana akan izin kepada Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto untuk maju sebagai Ketua Umum.

"Pasti saya akan bertemu dengan ketua umum karena fatsun politik saya adalah begitu. Dan akan menyampaikan niat saya kepada ketua umum. Saat ini saya masih mempertimbangkan," ucapnya.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓