Momen Haru Kebersamaan Ani Yudhoyono dan Keluarga Saat Lawan Kanker Darah

Oleh Devira Prastiwi pada 02 Jun 2019, 07:22 WIB
[Fimela] Ani Yudhoyono

Liputan6.com, Jakarta - Awal Februari 2019 bisa jadi sejarah kelam bagi Ani Yudhoyono. Pasalnya, saat itu, istri Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) divonis terkena sakit blood cancer atau kanker darah.

Semenjak itu, Ani Yudhoyono dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura. Dengan setia, SBY selalu mendampingi sang istri.

Tak hanya SBY, secara bergantian, kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas juga menjaga sang Ibu Negara Presiden ke-6 tersebut.

Istri Agus, Annisa Pohan dan istri Ibas, Aliya Rajasa tak mau ketinggalan turut menjaga mertua tercintanya, Ani Yudhoyono.

Kehangatan keluarga besar SBY nampak jelas dalam setiap unggahan dalam akun sosial media Instagram masing-masing. Termasuk juga dalam akun Instagram Ani Yudhoyono.

Berikut momen-momen haru kebersamaan Ani Yudhoyono bersama SBY dan keluarga saat sedang terbaring sakit dihimpun Liputan6.com:

2 of 8

1. Bak Ditimpa Palu Godam

Unggahan Instagram Ani Yudhoyono
Unggahan Ani Yudhoyono saat awal sakit blood cancer atau kanker darah. (Instagram @aniyudhoyono)

Foto ini merupakan foto pertama yang diunggah Ani Yudhoyono ketika dirinya sudah divonis sakit blood cancer atau kanker darah.

"Menderita sakit, pasti pernah dialami oleh setiap orang, termasuk saya. Wajar saja.. Namun ketika dokter di Singapura menyatakan saya terkena Blood Cancer, rasanya seperti palu godam menimpa saya. Kaget, tak menyangka sama sekali. Rasanya tak ada riwayat dalam keluarga yang pernah terkena penyakit itu. Setelah hati saya, Bapak dan keluarga bisa mulai meresapi dan menerimanya, sadarlah saya bahwa Allah Yang Maha Kuasa akan menguji siapa saja hambanya yang dikehendaki. Kali ini saya yang dipilih. Alhamdulillah, baik dokter Singapura maupun Indonesia, berusaha memberikan yang terbaik untuk saya.

Setiap hari saya mencatat pengobatan apa saja yang harus saya jalani, obat, suntikan kemo, transfusi darah dll. Saya jalani dengan tabah, tegar, penuh disiplin. Karena pengobatan itu, saya harus ketat, sementara “diisolasi” untuk menghindari penyakit lain masuk. I can fight this Cancer. With strong supports from everyone in Indonesia and in the world. Thank you very much for your love and care, dear my husband and family. Bismillahirrahmanirrahim I can do this! 🙏🏼😇💪🏻💙 Photo by @ruby_26," tulis Ani Yudhoyono melalui akun Instagramnya @aniyudhoyono.

3 of 8

2. Bergantian Dijaga Mantunya

Unggahan Instagram Ani Yudhoyono
Unggahan Ani Yudhoyono saat dijaga oleh mantunya, istri Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan. (Instagram @aniyudhoyono)

Selain sang suami SBY, Ani Yudhoyono juga dijaga oleh kedua mantunya secara bergantian, yaitu Annisa Pohan dan Aliya Rajasa.

"Suster Annisa @annisayudhoyono sudah datang, sempat berjemur matahari sebentar. Aku syukuri nikmat Allah yang ada, detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari... #alhamdulillah" tulis Ani Yudhoyono.

4 of 8

3. Annisa Pohan Sisiri Rambut Ani Yudhoyono

Unggahan Instagram Ani Yudhoyono
Unggahan Ani Yudhoyono saat dijaga oleh mantunya, istri Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan. (Instagram @aniyudhoyono)

Istri Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan, nampak lihai menjaga Ani Yudhoyono. Saat pagi hari, Annisa bahkan merapihkan rambut sang mertua.

"Banyak yang menanyakan kondisi ibu @aniyudhoyono dan menunggu-nunggu postingan IG Memo. Kebetulan seminggu ini giliran saya suster jaganya, dan mau sedikit berbagi kabar Memo.

Dalam 3 hari terakhir ini karena Memo baru selesai kemo cycle 2, maka kondisi Memo dalam keadaan tidak se-aktif biasanya dan belum bisa posting IG, apalagi melakukan excercise rutin seperti biasanya. Memo masih dlm kondisi harus banyak tidur istirahat.

Mohon doanya supaya kondisinya bisa segera sehat dan fit kembali.akhir-akhir ini saya belum berkesempatan foto dengan Memo lagi, postingan Ini foto tanggal 22 Februari, kurang lebihnya menunjukan rutinitas kami pagi hari di rumah sakit.

Setiap hari Bangun subuh kemudian Memo duduk-duduk melihat matahari terbit yg kebetulan terlihat dari jendela RuMah sakit setiap harinya, kemudian makan pagi, minum / infus obat, mandi, memakai lotion, kemudian sisiran (sprt di foto ini hehehehhe).

Kami sekeluarga memohon kebaikan hati teman-teman setiap teringat Memo untuk mendoakan kesembuhan beliau (Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo).Terima Kasih atas kasih sayang teman-teman kepada Memo.Semoga teman-teman selalu dalam keadaan sehat..#WeFightCancerTogether." tulis Annisa dalam unggahan Instagramnya @annisayudhoyono.

5 of 8

4. Ditemani Anak, Mantu, dan Cucu

Unggahan Annisa Pohan Yudhoyono, istri Agus Yudhoyono
Unggahan Instagram Annisa Pohan saat menjaga ibu mertuanya, Ani Yudhoyono. (Instagram @annisayudhoyono)

Anak sulung SBY dan Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono nampak mendampingi sang ibunda. Tak sendiri, pria yang karib disapa AHY itu juga memboyong istrinya Annisa Pohan dan anaknya Almira Tunggadewi Yudhoyono.

"Akhirnya Aira bisa menemani Memo langsung dan kesempatan foto dengan Memo setelah kembali ke kamar perawatan.

(Foto pertama)Foto kedua dan ketiga adalah saat Aira mengantar Memo dari keluar ICU menuju kamar perawatan.

Foto terakhir adalah sesaat setelah Memo menjalani Bone Marrow puncture (Tes sum-sum Tulang Belakang) yang kedua.

Mohon doanya dari teman-teman semoga semua hasil test nya bagus dan Memo menuju ke kesembuhan... Bismillahi Rahmanir Rahim....Al-Fatihah...“Laa ba’-sa thahuurun insyaa Allah”Artinya: Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, insyaAllah. [HR. Al-Bukhari no. 5656]" tulis Annisa dalam unggahan Instagramnya @annisayudhoyono.

6 of 8

5. Istri Ibas Yudhoyono Juga Berjaga

Unggahan istri Edhie Baskoro Yudhoyono, Aliya Rajasa
Istri Edhie Baskoro Yudhoyono, Aliya Rajasa nampak menemani Ani Yudhoyono melakukan latihan jalan rutinnya. (Instagram @ruby_26)

Istri Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, Aliya Rajasa juga turut bergantian menjaga Ani Yudhoyono. Ia nampak sabar menemani Ani melakukan latihan jalan paginya.

"Suster Aliya sedang menjaga Memo exercise sambil diawasi oleh Pepo yg kala itu merasa kurang enak badan, jadi jaga jarak dulu sementara..

Bagi kami yg ada di sekitar Memo harus dalam keadaan vit dan bersih sekali karena Memo tidak dapat terpapar dengan kuman atau virus..

Kita doakan yaa supaya Memo dan Pepo selalu kuat karena semua butuh kesabaran dan kekuatan dalam menjalankan rangkaian pengobatan ini...

#CaiyoMemo 🤗 #CaiyoPepo #LetsFightCancerTogether," cuit Aliya dalam akun Instagramnya @ruby_26.

7 of 8

6. Kompaknya Keluarga Besar SBY

Unggahan Agus Harimurti Yudhoyono
Putra sulung Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono mengunggah foto kebersamaan saat menjaga sang ibu. (Instagram @agusyudhoyono)

Agus Harimurti Yudhoyono mengunggah foto kebersamaan seluruh keluarga saat sedang menjaga sang ibu, Ani Yudhoyono.

"Teman-teman yang baik,

Ibunda kami tercinta, Ibu Ani Yudhoyono (Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo) saat ini masih menjalani perawatan medis secara intensif di National University Hospital, Singapura. Saya dan keluarga besar memohon doa dari teman-teman, agar Ibu Ani dapat diberi kesembuhan dari sakit Kanker Darah, dan dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di tanah air.

Saya ucapkan terima kasih, kepada semua pihak yang sudah memberi atensi, dukungan dan doa baiknya selama ini untuk Ibu Ani. Insya Allah, itu semua akan menjadi kekuatan bagi Ibu Ani dalam perjuangannya melawan sakit yang dideritanya.

Sekali lagi, mohon doa untuk kami sekeluarga. Saya juga mendoakan semoga teman-teman senantiasa diberkahi kesehatan lahir dan batin.

Tetap Semangat Memo @aniyudhoyono

Salam,AHY" tulis AHY dalam akun Instagramnya @agusyudhoyono.

8 of 8

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓