Sukses

Cegah Macet Saat Arus Balik, Kapolri Sarankan Pemudik Kembali Lebih Awal

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau, pemudik berangkat lebih dini untuk menghindari penumpukan saat arus balik.

Liputan6.com, Semarang - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau para pemudik untuk mengatur jadwal kembali ke Jakarta. Ia menyarankan, para pemudik untuk tidak berbarengan saat kembali dari kampung halaman ke Ibu Kota, sehingga menghindari penumpukan kendaraan saat arus balik.

"Jangan paksakan pulang Sabtu (8/6/2019) atau Minggu (9/6/2019)," kata Titosaat mengecek gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jumat (31/5/2019).

Menurut Tito, lama waktu arus balik lebih pendek dibanding arus mudik, karena para pemudik sudah harus masuk kerja pada Senin (10/6/2019) mendatang.

Tito mengatakan, para pemudik hanya memiliki waktu tiga hari untuk kembali ke Ibu Kota yakni mulai 7 Juni hingga 9 Juni 2019. Ia mengimbau, pemudik berangkat lebih dini untuk menghindari penumpukan saat arus balik.

Sementara untuk arus mudik, ia menilai, arus kendaraan relatif landai mengingat masa libur sebelum Lebaran yang cukup panjang.

"Relatif ada waktu sekitar tujuh hari untuk kembali, saya tidak ada puncak pemudik berbondong-bondonh pulang di hari yang sama," ucap Tito seperti dilansir dari Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.