H-5 Lebaran, Begini Suasana Mudik di Stasiun Gambir

Oleh Ady Anugrahadi pada 31 Mei 2019, 12:18 WIB
Diperbarui 01 Jun 2019, 10:15 WIB
Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat siang (31/5/2019.)

Liputan6.com, Jakarta - Moda transportasi kereta api masih menjadi favorit warga yang hendak pulang kampung pada Lebaran 2019 ini. Penumpang pun mulai memadati sejumlah stasiun. Salah satunya Stasiun Gambir, Jakarta.

Pantauan di Stasiun Gambir pada Jumat (31/5/2019), kursi-kursi yang berada di ruang tunggu tidak mampu menampung calon penumpang. Sebagian dari mereka duduk di lantai menunggu kedatangan kereta.

Selain penumpang, porter juga turut meramaikan area stasiun. Mereka berdiri di dekat-dekat pintu masuk menyambut para pemudik dan menawarkan jasa membawa barang.

Satu dari sekian banyak penumpang yang menggunakan kereta api adalah Ketut Junaedi (34). Ia sedang duduk di lantai. Barang bawaan berupa tiga tas besar dan kardus ditaruh tepat di sampingnya.

Jumat ini, Juned, begitu akrab disapa, ingin pulang ke Yogyakarta. "Iya saya baru bisa ambil cuti pada hari ini," kata dia saat ditemui di Stasiun Gambir.

Juned memang kerap menggunakan kereta api ketimbang angkutan bus atau yang lainnya saat musim mudik tiba. Alasannya karena ongkos yang dirogoh jauh lebih murah. Kemudian, fasilitas yang ditawarkan pengelola pun cukup baik.

"Harga satu tiket tujuan Yogyakarta cuma Rp 540 ribu. Ini kan nggak jauh beda lah sama naik bus," ucap dia.

Penumpang lain, Prasetyo (42) juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, dari segi waktu jauh lebih efisen. "Lebih cepat jika dibandingkan dengan bus," ujar dia.

 

2 of 3

Fasilitas Menarik

Arus Mudik Lebaran 2019 di Stasiun Gambir
Pemudik mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/5/2019). (Yopi Makdori/Liputan6.com)

Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sejak Minggu, 26 Mei 2019 hingga Rabu, 29 Mei 2019 telah melayani sebanyak 140.539 penumpang. Baik keberangkatan maupun kedatangan.

Hal itu diketahui dari rilis yang diberikan oleh pengelola Stasiun Gambir kepada Liputan6.com. Merujuk pada rilis tersebut, per harinya terdapat 32 Kereta Api (KA) reguler serta 12 KA tambahan dan dua KA tambahan ekstra.

Pihak stasiun memprediksi jumlah penumpang selama angkutan lebaran 2019 mencapai 997.730 penumpang. Angka ini meningkat sebanyak 9 persen dibandingkan tahun 2018 yang hanya mencapai angka 915.540 penumpang.

Selain menyediakan fasilitas guna menunjang kenyamanan penumpang KA, pihak Stasiun Gambir juga mengupayakan peningkatan fasilitas stasiun ke arah yang lebih baik.

Fasilitas tersebut seperti CoWorking Space dengan kapasitas mencapai 20 orang. Di dalamnya termasuk fasilitas akses internet, pendingin ruangan, Charger Corner, dan air mineral gratis.

Fasilitas lainnya adalah taman bernuansa alam yang berada di hall tengah lantai dasar Stasiun Gambir. Adanya taman tersebut menambah suasana sejuk di dalam Stasiun Gambir.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by