Sukses

H-5 Lebaran, Terminal Kampung Rambutan Didominasi Pemudik ke Sumatera

Pemudik memilih berangkat hari ini untuk menghindari lonjakan penumpang pada waktu mendekati Hari Raya Idulfitri 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur dipadati pemudik dengan berbagai tujuan daerah pada H-5 Lebaran Idul Fitri 2019. Kepadatan di salah satu stasiun terbesar di Jakarta itu didominasi pemudik tujuan Sumatera.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (31/5/2019), calon pemudik mulai memadati loket bus jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera.

Calon penumpang lainnya juga terlihat duduk di kursi peron yang disediakan. Namun kerumunan massa terlihat lebih banyak duduk di kursi tunggu bus jurusan Sumatera. Salah satunya Ratna (35).

Dia bersama sang suami dan kedua anaknya bermaksud mudik menuju kampung halaman di Lampung. Kebetulan sang suami yang merupakan pekerja pabrik sudah mendapatkan libur per hari ini.

"Ke rumah nenek," tutur Ratna saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi.

Ratna memilih berangkat hari ini untuk mengantisipasi membludaknya pemudik pada H-3 Lebaran. Dia berpengalaman, mudik mendekati hari Raya Idul Fitri akan terasa lebih melelahkan.

"Berdesakan, mana bawa anak kecil-kecil. Kasihan," ucap Ratna.

Lain dengan Ratna, salah satu pengguna jasa transportasi di Terminal Kampung Rambutan, Nur Barkah (45) berencana mudik menuju Garut, Jawa Barat.

Dia berangkat lebih awal dibandingkan sang suami. Sebab suami masih harus masuk kerja hari ini dan baru akan libur mulai Sabtu 1 Juni 2019.

"Memang rumah keluarga di sana semua. Ngumpul di sana," kata Nur Barkah.

Alasannya mudik lebih awal pun tidak berbeda dengan Ratna. Dia memilih perjalanan lebih awal agar bisa santai dan menghindari waktu membludaknya pemudik.

Di Terminal Kampung Rambutan didirikan sejumlah posko. Mulai dari posko kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga penanganan medis yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Terdapat juga ruang laktasi untuk ibu menyusui. Selain itu, pengelola Terminal Kampung Rambutan juga menyediakan tempat mengisi daya baterai ponsel.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Tarif Tinggi Pesawat

Sebelumnya, Kepala Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto mengatakan, jumlah calon pemudik pada H-6 lebaran hingga pukul 08.00 WIB sudah menyentuh angka 4 ribu. 

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka tersebut tidak ada peningkatan signifikan secara keseluruhan. Namun peningkatan penumpang terjadi pada tujuan Sumatera ketimbang Jawa.

Menurut Thofik, salah satu faktor tujuan Sumatera meningkat adalah melambungnya harga tiket pesawat. Atas dasar itu, kata Thofik, terminal yang telah dibangun sejak 1986 itu tetap menyediakan bus cadangan.

Setelah berkoordinasi dengan operator bus, Thofik mengatakan, bus cadangan yang disediakan mencapai 200 armada. "Jumlah yang disiapkan itu kurang lebih 200 kendaraan," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.