Titik-Titik Rawan Macet Mudik Lebaran 2019

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 31 Mei 2019, 07:15 WIB
Diperbarui 31 Mei 2019, 07:15 WIB
Skenario Agar Tol Pandaan-Malang Terhindar Kemacetan Saat Mudik Lebaran
Perbesar
Jalan Tol Pandaan - Malang mampu memangkas jarak tempuh perjalanan Surabaya - Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Liputan6.com, Jakarta - Arus mudik Lebaran 2019 sudah dimulai. Pemerintah bersama instansi terkait pun memetakan sejumlah titik yang rawan kemacetan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan di jalan tol Trans Jawa pada saat mudik Lebaran 2019 ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi berharap, dengan adanya pemetaan ini diharapkan masyarakat bisa menghindari titik rawan macet tersebut.

Budi membeberkan, titik macet pertama kemungkinan akan terjadi di tol Palimanan menuju Cirebon. Hal itu terjadi lantaran pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju Cirebon akan keluar di pintu tol Plumbon.

"Karena keluar dari Jakarta ke arah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon sampai dengan Majalengka di situ yang pertama kali. Jadi exit tol Plumbon," ujar Budi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2019.

Untuk titik macet kedua, Budi menyebut terletak di gerbang tol (GT) keluar Ciperna. Di GT Ciperna, kata dia, akan ada banyak pemudik dari arah Jakarta menuju Cirebon, Kuningan, hingga ke Ciamis.

"Berikutnya adalah exit tol di Ciperna, nanti masyarakat yang akan keluar dari Jakarta ke Kabupaten/Kota Cirebon kemudian terus ke Kuningan kemudian di Ciamis itu juga menjadi kemungkinan yang akan banyak keluar di sana," jelas Budi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Titik Macet Lainnya

Pemudik Mulai Padati Tol Cipali
Perbesar
Kepadatan terjadi di Jalan Tol Cipali, Jawa Barat mengarah ke Jakarta, Kamis (29/6). Memasuki H+4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta masih terpantau ramai lancar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin juga menyatakan pihaknya telah memprediksi titik-titik rawan macet di jalur mudik 2019.

"Mulai Tol Cikampek, proyek tol elevated dan kereta cepat masih berlangsung," ucap Benyamin.

Kemudian, lanjut dia, wilayah jalur selatan Malangbong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena, jalannya kecil, berkelok, serta ada pasar yang menghambat jalan.

"Pasar Tanjung, Brebes, Jawa Tengah kendaraan arah Jakarta," ucap Benyamin.

Ia juga mengatakan, daerah pelabuhan dipastikan terjadi penumpukan kendaraan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓