Sukses

Titik-Titik Rawan Macet Mudik Lebaran 2019

Titik macet pertama mudik Lebaran 2019 ini kemungkinan akan terjadi di tol Palimanan menuju Cirebon.

Liputan6.com, Jakarta - Arus mudik Lebaran 2019 sudah dimulai. Pemerintah bersama instansi terkait pun memetakan sejumlah titik yang rawan kemacetan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan di jalan tol Trans Jawa pada saat mudik Lebaran 2019 ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi berharap, dengan adanya pemetaan ini diharapkan masyarakat bisa menghindari titik rawan macet tersebut.

Budi membeberkan, titik macet pertama kemungkinan akan terjadi di tol Palimanan menuju Cirebon. Hal itu terjadi lantaran pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju Cirebon akan keluar di pintu tol Plumbon.

"Karena keluar dari Jakarta ke arah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon sampai dengan Majalengka di situ yang pertama kali. Jadi exit tol Plumbon," ujar Budi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu, 29 Mei 2019.

Untuk titik macet kedua, Budi menyebut terletak di gerbang tol (GT) keluar Ciperna. Di GT Ciperna, kata dia, akan ada banyak pemudik dari arah Jakarta menuju Cirebon, Kuningan, hingga ke Ciamis.

"Berikutnya adalah exit tol di Ciperna, nanti masyarakat yang akan keluar dari Jakarta ke Kabupaten/Kota Cirebon kemudian terus ke Kuningan kemudian di Ciamis itu juga menjadi kemungkinan yang akan banyak keluar di sana," jelas Budi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Macet Lainnya

Selain itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin juga menyatakan pihaknya telah memprediksi titik-titik rawan macet di jalur mudik 2019.

"Mulai Tol Cikampek, proyek tol elevated dan kereta cepat masih berlangsung," ucap Benyamin.

Kemudian, lanjut dia, wilayah jalur selatan Malangbong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena, jalannya kecil, berkelok, serta ada pasar yang menghambat jalan.

"Pasar Tanjung, Brebes, Jawa Tengah kendaraan arah Jakarta," ucap Benyamin.

Ia juga mengatakan, daerah pelabuhan dipastikan terjadi penumpukan kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.