Pemudik Keluhkan Kemacetan di Tol Cikampek

Oleh Abramena pada 30 Mei 2019, 11:51 WIB
Diperbarui 30 Mei 2019, 12:17 WIB
Kamecetan Arus Mudik 2019 di Tol Jakarta-Cikampek

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan arus mudik Lebaran Idulfitri 2019 mulai terjadi di Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Kendaraan mengarah ke Cikampek dari Jakarta mulai mengular sejak Kamis (30/5/2019) pagi.

Kemacetan di jalan berbayar itu terjadi mulai Gerbang Tol Cikampek Utama di Kilometer 70 di wilayah Purwakarta hingga mengular ke wilayah Karawang dan Bekasi, dengan ekor kendaraan di Kilometer 29.

Dampak kemacetan parah di Tol Jakarta-Cikampek saat arus mudik, para pengguna jalan mengaku terjebak hingga berjam-jam.

Salah seorang pemudik, Sudarmanto menyebutkan, ia terjebak macet sejak pukul 05.00 WIB. Pria yang hendak mudik ke Semarang itu pun memilih keluar dari tol via Gerbang Tol Karawang Barat, lantaran kendaraan yang nyaris tidak bergerak.

"Ini saya jalan keluar mending coba lewat jalan biasa," ujar Sudarmantoro.

Namun harapan Sudarmanto terlepas dari kemacetan sirna, lantaran kepadatan kendaraan saat arus mudik juga terjadi di jalan arteri. Kepadatan tersebut terjadi akibat banyaknya kendaraan yang memilih keluar dari tol.

"Jalan tol macet, masuk jalan arteri juga sama," keluh Sudarmanto.

 

2 of 3

Jalan Non-Tol Karawang Macet

20160602-Jalur Mudik di Lamaran Karawang, Macet Parah-Jawa Barat
Pengendara sepeda motor terjebak kemacetan di jalan Lamaran, Karawang, Sabtu (2/7). Kemacetan tersebut terjadi akibat pemisahan jalur antara roda dua dengan roda empat untuk mengantisipasi jalur mudik Pantura. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Kemacetan yang terjadi di ruas Tol Jakarta-Cikampek juga berimbas ke jalan arteri di sekitarnya. Jalan non-tol di wilayah Karawang saat ini terpantau mengalami kemacetan yang cukup parah.

Pantauan di lapangan, arus kendaraan mengantre di sepanjang jalur mulai dari wilayah Karawang Barat, Karawang Kota, sepanjang jalur Karawang-Cikampek, serta jalur sepanjang jalan Pantura Karawang hingga Cikalong menuju Pantura Subang-Cirebon.

"Iya betul, kondisi saat ini jalan arteri sudah padat. Volume kendaraan meningkat sejak tadi malam," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP Bariu Bawana saat dihubungi.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by