Polri Bantah Kemacetan Pemudik di Tol Cikampek Semalam Capai 37 Kilometer

Oleh Ika Defianti pada 30 Mei 2019, 11:20 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri. (Dok. NTMC Polri)

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri membantah telah terjadi kemacetan panjang hingga 37 kilometer (km) di Tol Cikampek, Rabu 29 Mei malam. Dia menyebut, kondisi semalam hanya kepadatan yang parsial di sejumlah titik ruas tol.

"Yang disampaikan antrean panjang kepadatan, macet panjang hingga 37 (km) itu sesungguhnya tidak ada," ujar Refdi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Kamis (30/10/2019).

Dia mengungkapkan sejumlah alasan yang memicu terjadinya kepadatan lalu lintas pada Rabu malam. Salah satunya karena terdapat beberapa penyempitan jalan di ruas Tol Cikampek.

"Ada penggal-penggal memang terjadi penyempitan dikarenakan ada pengalihan dari empat lajur ke tiga lajur," ucap Refdi.

Penyebab lainnya, kata Refdi, yakni masih adanya truk angkutan barang yang melewati Tol Cikampek Utama.

Kepadatan kendaraan di ruas Tol Cikampek terjadi pada pukul 23.00 WIB. Sedangkan pembatasan truk barang baru dimulai pukul 00.00 WIB.

"Truk masih melintas di ruas-ruas, kini tidak lagi melintas. Mungkin ada mereka yang tidak paham bagaimana pembatasan itu, tetapi nyatanya kita lihat terjadi antrean panjang kepadatan," jelas Refdi.

 

2 of 3

Sistem One Way Dipercepat

Contraflow Dibuka, Tol Jakarta-Cikampek Tetap Macet
Kendaraan melintas di KM 28 Tol Jakarta - Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Memasuki H-6 Lebaran 2019, adanya peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek mengakibatkan kepadatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, hari ini Kamis (30/5/2019), pemberlakuan sistem satu jalur atau one way di kilometer 70 Tol Cikampek dipercepat dari rencana awal pukul 09.00 WIB menjadi pukul 08.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com, pemberlakuan one way mulai di GT Cikampek Utama langsung mengurai kepadatan kendaraan pemudik. Sebab sebelum pemberlakukan one way, antrean panjang kendaraan terpantau di GT Cikampek Utama.

Semua gate pun telah dibuka untuk melayani pemudik. Selain itu, pemberlakuan contra flow juga terjadi mulai kilometer 72 sampai kilometer 70 arah Jakarta.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓