Kakorlantas: Penumpukan di Tol Cikampek Tadi Malam, Tapi Tak Begitu Padat

Oleh Liputan6.com pada 30 Mei 2019, 09:48 WIB
Kepadatan Kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama

Liputan6.com, Jakarta - Sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Korlantas Polri melakukan pengamanan di setiap jalur mudik yang bakal dilalui para pemudik. Pengamanan dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, hingga saat ini belum terjadi penambahan arus kendaraan yang signifikan. Hal itu ia sampaikan saat dirinya memantau jalur mudik dari udara.

"Selama pemantauan di udara 1,5 jam, kita lihat pergerakan pada ruas tol utamanya, pergerakan ruas Tol Cikampek tidak begitu padat ya," kata Refdi di GT Cikampek Utama, Jawa Barat, Rabu (29/5/2019) malam.

Setelah melakukan pemantauan di udara, Refdi mengecek pos terpadu Lebaran 2019 di Jalan Otto Iskandardinata, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Pos terpadu itu berfungsi untuk melayani masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Jenderal polisi berbintang dua ini memastikan kesiapan pihaknya dalam melaksanakan sistem satu arah atau one way yang mulai diterapkan pada Kamis ini. Lalu, ia pun bergerak ke Gerbang Tol Cikampek Utama untuk memantau kepadatan arus kendaraan.

Berdasarkan pemantauannya, telah terjadi penumpukan kendaraan hingga dua kilometer di gerbang tol tersebut. Meski begitu, kepadatan di gerbang tol ini masih dalam taraf normal atau wajar.

"Pergerakan sore ini menjelang malam, kalau kita lihat di Cikampek Utama ini ekornya sampai 2 kilometer ke belakang," pungkas Refdi.

Untuk mengurai kepadatan yang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah antisipasi untuk mengurainya.

Seperti diketahui, dalam mengantisipasi kemacetan dan mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019, skema contra flow dan sistem satu arah (one way) akan diterapkan di sebagian ruas Tol Trans Jawa.

Tak sampai 24 jam, penerapan kedua skema tersebut akan dilakukan pada jam tertentu. Adapun penerapan skema contra flow akan diberlakukan di Km 29 sampai Km 61 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), sedangkan skema one way di titik Km 70 Cikampek Utama sampai dengan Km 263 Brebes Barat.

Secara waktu, contra flow saat arus mudik (30 Mei-2 Juni) akan berlangsung pada pukul 06.00-21.00 WIB, dan pukul 09.00-21.00 WIB untuk one way.

 

 

Live Streaming

Powered by