DPP Golkar: Tak Ada DPD I yang Ingin Munas Dipercepat

Oleh Liputan6.com pada 29 Mei 2019, 12:23 WIB
Lewat Aplikasi SaksiKu, Ketum Golkar Pantau Perolehan Suara di TPS

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menegaskan, tidak ada DPD I yang menginginkan Musyawarah Nasional (Munas) dipercepat. Dia membantah ucapan politikus Golkar Aziz Sumual yang mengatakan ada 25 DPD tingkat I Partai Golkar yang menginginkan Munas digelar setelah lebaran Idul Fitri.

"Ya saya tidak tau karena kan bukan ketua DPD-nya yang berbicara. Saya tidak tau apa yang disampaikan oleh Pak Aziz Sumual itu. Tapi kenyataannya tidak ada DPD tingkat I yang menyatakan demikian," kata Ace saat dihubungi merdeka.com, Rabu (29/5/2019).

Ace mengatakan, ucapan Aziz juga tidak merepresentasikan sikap DPD I. Sebab, kata dia, rata-rata DPD menginginkan Munas dilakukan sesuai jadwal yang seharusnya yakni akhir 2019.

"Dia tidak merepresentasikan DPD. Karena yang terjadi justru beberapa daerah menginginkan supaya Munas tetep dilaksanakan normal. Tidak perlu untuk dipercepat," ungkapnya.

Dia pun mengungkap DPD Golkar mana saja yang menginginkan Munas tetap berjalan sesuai jadwal. Di antaranya adalah DPD Jawa Barat dan Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur.

"Kemudian Sulawesi Selatan sama juga demikian, Kalimantan Timur, juga sama demikian dan tentu daerah-daerah yang lain. Ormas-ormas pendukung Partai Golkar seperti Kosgoro, MKGR itu sudah menyatakan gitu loh. bahwa mereka tidak ada sesuatu yang urgent yang perlu disikapi terkait dengan partai Golkar saat ini," ucapnya.

Tambahnya, para DPD juga merasa kinerja Airlangga memuaskan karena berhasil membawa Golkar menjadi pemenang kedua Pemilu Legislatif 2019. Meskipun dengan kondisi internal partai beringin itu yang cukup berat.

"Ya penilaian dari beberapa daerah misalnya seperti yang saya katakan tadi misalnya Jawa Barat ya, kemudian misalnya MKGR, Kosgoro itu mereka menyatakan bahwa mereka sangat merasa bahwa Pak Airalangga telah berhasil," tandasnya.

2 of 3

Munas Dipercepat

Lewat Aplikasi SaksiKu, Ketum Golkar Pantau Perolehan Suara di TPS
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sambutan saat melakukan pemantauan Aplikasi Android SaksiKu untuk Saksi Partai Golkar di TPS pada Pemilu 2019 di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (16/4). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Partai Golkar dikabarkan akan segera melakukan Munas untuk mengganti posisi Airlangga Hartarto sebagai ketua umum partai. Mayoritas DPD I Golkar atau pengurus provinsi partai disebut sudah setuju adanya munas.

Politikus Golkar Aziz Sumual membenarkan kabar itu. Dia menjadi salah satu inisiator proses munas tersebut.

"Bukan upaya, tapi sudah siap Munas. Mungkin selesai Lebaran sudah mulai," kata Aziz saat dihubungi merdeka.com, Senin (27/5/2019).

 

Reporter: Sania Mashabi

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓