Sukses

Bara Hasibuan: Ada Orang Kuat Pasok Dana dan Desain Kerusuhan Jakarta

Bara Hasibuan menjelaskan mengapa kasus ini bisa menjadi preseden buruk. Dikhawatirkan kasus ini bisa diulangi oleh lagi saat Pilpres mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menduga ada dalang di balik terjadinya kerusuhan Jakarta pada 21-22 Mei lalu. Dalang tersebut sengaja memanfaatkan momen itu untuk kepentingan politiknya.

"Jelas sekali ada mastermind ada orang aktor-aktor intelektual yang mendesain ini semua, memanfaatkan demonstrasi damai minggu lalu itu untuk menyebar teror demi kepentingan politik mereka yang sampai sekarang belum kita tahu. Tapi, jelas itu ada orang kuat yang melakukan pendanaan yang mendesain ini semua," kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5).

Karena itu, Bara meminta aparat segera menindak pelaku dan menangkap dalang di balik kerusuhan Jakarta tersebut. Sebab, ia menilai itu bisa menjadi preseden buruk bagi Indonesia.

"Jadi saya minta kepada pihak kepolisian untuk tidak ragu-ragu mengambil tindakan hukum terhadap orang tersebut atau beberapa orang tersebut. Yang bisa saja merupakan bagian dari elite politik," ungkapnya.

Dia menjelaskan mengapa kasus ini bisa menjadi preseden buruk. Dikhawatirkan kasus ini bisa diulangi oleh lagi saat Pilpres mendatang.

"Kalau ada satu pihak yang tidak puas dengan hasilnya bisa melakukan hal yang sama. Jadi Kepolisian harus bertindak cepat dan publik pasti mendukung tindakan tegas yang dilakukan oleh Kepolisian," ucap dia.

Reporter: Sania Mashabi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.