Sukses

Nasdem Minta Dalang Aksi Kerusuhan 22 Mei Diusut Tuntas

Para anggota DPR diminta menekan Polri untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Sehingga kasus itu bisa terbuka seutuhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Fraksi Partai NasDem Aris Setiawan meminta kasus aksi kerusuhan 22 Mei lalu diusut tuntas. Hal ini ia sampaikan dalam rapat paripuna Selasa (28/5).

"Menarik kajian hukum terkait demonstrasi, banyak yang ingin ini diusut tuntas. Tapi di sidang ini harap juga para intelektual di belakang ini juga diusut tuntas," kata Aris.

Dia juga meminta, para anggota DPR menekan Polri untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Sehingga kasus itu bisa terbuka seutuhnya.

"Dewan juga bisa menekan Kepolisian untuk mengusut sehingga terang benderang," ucapnya.

Sebelumnya, Fraksi Partai Gerindra DPR mengusulkan adanya Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang bersifat independen untuk menelisik kasus dugaan pelanggaran hak azasi manusia pada kerusuhan 21-22 Mei lalu. Usulan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Gerindra Sodik Mujahid dalam rapat paripurna Selasa (28/5).

"Kami mengusulkan ada agenda pembahasan ini untuk mendesak pemerintah membentuk tim independen gabungan pencari fakta," kata Sodik.

Sodik mengatakan, banyak hal yang harus selidiki lebih lanjut. Terutama soal banyaknya aparat yang melakukan kerusuhan 22 Mei.

Reporter: Sania Mashabi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.