Sukses

Jokowi Undang Syamsuri Firdaus Pemenang MTQ Internasional ke Istana

Syamsuri Firdaus merupakan pemenang MTQ tingkat internasional yang digelar di Istanbul, Turki.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang Syamsuri Firdaus, pemenang tilawah Alquran pada MTQ Internasional ke-7 di Turki. Pertemuan berlangsung di Istana Medeka Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Berdasarkan pantauan, Syamsuri yang didampingi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin tiba di Kompleks Istana pada pukul 12.50 WIB. Dia kemudian diajak ke sebuah ruangan yang berada di Istana Merdeka.

Jokowi bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyambut kedatangan Syamsuri di ruangan tersebut. Syamsuri yang mengenakan gamis bewarna biru itu mencium tangan Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas mempersilahkan Syamsuri dan Muhammadiyah duduk.

Jokowi kemudian bertanya seputar kejuaraan MTQ Internasional ke-7 yang digelar di Turki. Kepada Syamsuri, Jokowi juga bertanya siapa saja yang juara dalam perlombaan itu.

Syamsuri menjelaskan bahwa dirinya merupakan juara pertama, kemudian juara kedua berasal dari Nigeria, dan juara ketiga dari Qatar. Pembicaraan mereka terus belanjut, namun tak begitu jelas terdengar. Setelah itu, pertemuan dilakukan tertutup.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Kali Juara MTQ

Seperti diketahui, Peserta Nusa Tenggara Barat, Syamsuri Firdaus terpilih menjadi juara 1 dalam tilawah Alquran pada MTQ Internasional ke-7 di Turki. Acaraitu telah diselengarakan pada 20-25 Mei 2019 di Masjid Agung Camlica, Istanbul.

Penghargaan juara-1 diberikan langsung oleh Presiden Turki, YM Recep Tayyip ErdoÄŸan, begitu juga kepada juara 2 peserta dari Niger dan juara 3 dari Qatar yang disaksikan para undangan Kementerian Agama Turki, wakil Konsulat Jenderal negara sahabat termasuk KJRI Istanbul yang diwakili PF Pensosbud, Iwan Wijaya M.

MTQ internasional ini diikuti oleh sekitar 60-an peserta dari berbagai negara Timur Tengah dan Eropa, demikian seperti dikutip dari rilis KJRI Istanbul yang dimuat Liputan6.com, Selasa (28/5/2019).

Keikutsertaan Syamsuri Firdaus medapat bimbingan langsung dari Ali Sibromalisi, wakil Kementerian Agama RI yang mendampinginya sejak berada di Turki.

Informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, Syamsuri Firdaus tercatat tiga kali berturut-turut menjadi juara MTQ dari berbagai tingkat.

Kemenangan pertama kali dia raih saat berlaga di panggung MTQ Nasional di Ambon, tepatnya pada 2012. Pada usianya yang saat itu masih 14 tahun, Syamsuri memenangkan juara satu pada ajang tersebut.

Menyusul setelahnya, juara 1 MTQ Internasional yang diselenggarakan di Singapura pada 2013. Terakhir, MTQ Internasional di Turki.

Syamsuri Firdaus berasal dari keluarga yang kurang mampu. Hal ini terlihat dari tercatatnya, pemuda kelahiran Sila, 11 April 1999 itu sebagai mahasiswa program Bidik Misi pada jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Indonesia. Program yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki kendala ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.