Karyawan Dinas Pertanian di Padang Lawas Sumut Diserang Harimau

Karyawan Dinas Pertanian di Padang Lawas Sumut Diserang Harimau

Seorang petugas penyuluh lapangan di Padang Lawas, Sumatra Utara, menderita luka-luka diserang harimau di perkebunan karet. Peristiwa naas itu hanya berselang dua minggu setelah seorang warga tewas diterkam oleh hewan dilindungi tersebut.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (28/5/2019), konflik harimau dengan manusia di Kabupaten Padang Lawas, Sumatra Utara, dalam satu bulan terakhir telah memakan korban jiwa.

Minggu, 26 Mei lalu, Faisal Hendri Hasibuan, seorang petugas penyuluh lapangan dinas pertanian setempat ditemukan terluka. Korban diterkam harimau di areal perkebunan karet Kecamatan Sosopan, sekitar pukul 19.00. Nyawanya berhasil diselamatkan, dan kini dirawat di RSUD Sibuhuan.

Dua minggu sebelumnya, warga juga menemukan Abu Sali Hasibuan, tewas dengan luka cakaran di sekujur tubuh di Kecamatan Ulu Barumun. Korban tewas setelah diserang satwa langka tersebut.

Pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Utara, langsung melakukan penyisiran dan menemukan harimau yang dicurigai telah menyerang kedua warga.

Untuk mencegah meluasnya konflik antara manusia dengan harimau, tim gabungan dari BKSDA Sumut, personil TNI dan Polri, serta pemerintah setempat, melakukan perburuan untuk memindahkan harimau ke kawasan yang jauh dari aktivitas penduduk. (Galuh Garmabrata)

Ringkasan

Oleh Galuh Garmabrata pada 28 May 2019, 13:28 WIB

Video Terkait

Spotlights