Antisipasi Macet dan Penutupan Jalan di Gambir, PT KAI Siapkan Rekayasa

Oleh Liputan6.com pada 28 Mei 2019, 08:24 WIB
Diperbarui 28 Mei 2019, 09:17 WIB
PT KAI Sediakan 957 Ribu Kursi untuk Pemudik Lebaran 2019

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi untuk menghindari keterlambatan calon penumpang akibat penutupan jalan di sejumlah ruas dekat Stasiun Gambir yang berimbas kemacetan. Rekayasa pola operasi tersebut yakni kereta berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara.

"Mengantisipasi pengalihan arus lalu lintas dan untuk meminimalkan risiko keterlambatan calon penumpang kereta api yang terjebak macet dan kesulitan menuju Stasiun Gambir, PT KAI Daop 1 Jakarta kembali memberlakukan kebijakan rekayasa pola operasi Berhenti Luar Biasa (BLB)," kata Senior Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan dilakukan Selasa hari ini, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.35 WIB, berlaku mulai keberangkatan KA 10 (Argo Dwipangga) tujuan Solo sampai dengan KA 34 (Argo Parahyangan) tujuan Bandung.

Total ada 12 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan direkayasa pola operasi pemberangkatannya.

"12 KA ini tetap akan berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun khusus hari ini ada penyesuaian pola operasi, yaitu bila biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, hari ini akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk proses naik-turun penumpang," ucap Eva seperti dikutip Antara.

Kereta yang memberlakukan rekayasa pola operasi pemberangkatan dari Stasiun Gambir yang berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk proses naik penumpang antara lain:

1. Argo Dwipangga rute Gambir-Solo

2. Taksaka I Gambir-Yogyakarta

3. Argo Parahyangan Gambir-Bandung

4. Argo Jati Gambir-Cirebon

5. Argo Anggrek Gambir-Surabaya Pasar Turi

6. Tegal Baharai Gambir-Tegal

7. Argo Dwipangga Fakultatif-Gambir Solo

8. Cirebon Express Gambir-Cirebon

Rekayasa pola operasi ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar calon penumpang tidak tertinggal kereta. Untuk itu, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau agar calon penumpang dapat memperkirakan waktu perjalanannya menuju stasiun dengan jadwal keberangkatan KA.

Namun perlu diketahui bahwa di Stasiun Jatinegara tidak disediakan loket pembelian tiket KA.

"Kami sudah menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di Stasiun Jatinegara dan mengingatkan kembali agar calon penumpang memastikan nama yang tertera pada tiket/kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas," kata Eva.

 

Live Streaming

Powered by