Pemudik Motor dari Jakarta Mulai Ramai Lintasi Padalarang

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 27 Mei 2019, 12:59 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 12:59 WIB

Liputan6.com, Bandung Barat - Jalur selatan khususnya di wilayah Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, mulai ramai dilintasi sejumlah pemudik sepeda motor.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (17/5/2019), hampir seluruh motor yang digunakan pemudik ber-plat nomor asal Jakarta. Para pemudik motor ini melintasi jalur arteri ke arah Tasikmalaya dan Garut.

Ada beberapa titik kemacetan yang masih harus diwaspadai pemudik di jalur ini. Di antaranya pasar tumpah yang ramai dilalui kendaraan tradisional serta pengendara motor yang melintas berlawanan arah. Penertiban jalur mudik baru akan dilakukan H-7 esok.

Peningkatan volume kendaraan juga terjadi di ruas Tol Purbaleunyi dari arah Jakarta menuju Tasik ataupun Garut. Diperkirakan baik jalan arteri maupun ruas tol di jalur selatan akan semakin padat mulai Kamis esok.

Ratusan pemudik juga memenuhi Pelabuhan Dwikora, Pontianak, sejak Senin pagi. Sebagian warga bahkan rela mengingap satu hari sebelumnya agar dapat antre demi mendapatkan tempat di dalam kapal.

914 penumpang diberangkatkan dengan Kapal Motor Dharma Kencana menuju Semarang, Jawa Tengah. Menurut pihak Pelabuhan Dwikora, peningkatan jumlah pemudik tujuan Pulau Jawa sudah berlangsung selama sepekan terakhir.

Pelindo memperkirakan, puncak arus mudik di Pelabuhan Dwikora akan terjadi pada hari Jumat esok.