Pasca-Kerusuhan 22 Mei, Anies Baswedan: Jakarta Tertib Damai

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 27 Mei 2019, 10:50 WIB
Diperbarui 27 Mei 2019, 10:50 WIB
Pemprov DKI Jakarta Segera Ambil Alih Pengelolaan Air dari Swasta
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan terkait pengambilalihan pengelolaan air, Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (11/2). Pemprov DKI akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan, upaya pemulihan pasca kerusuhan 22 Mei di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat berlangsung tertib dan rapi. Ia berharap, kawasan yang sempat mengalami ketidakstabilan dapat segera beroperasi dengan normal.

“Kalau wilayah Jakarta lainnya aman, tertib, damai,” kata Anies di Silang Monas Tenggara, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Dia menuturkan, jalan yang masih ditutup juga akan dimonitor kembali perkembangannya hari ini. Pihaknya ingin memastikan kawasan tersebut tertib dan aman sehingga tidak menimbulkan masalah saat kembali dibuka.

Sebab, kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat merupakan wilayah yang padat kegiatan.

“Jadi semua yang berkegiatan di tempat itu ada banyak. Pusat pertokoan, perkantoran kita ingin pada saat dibuka bisa nyaman,” kata Anies.

 

2 dari 3 halaman

Kerugian

Bentrokan di Depan Gedung Bawaslu
Perbesar
Petugas kepolisian menghalau tembakan kembang api saat bentrokan dengan massa aksi 22 Mei di sekitar depan gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Aksi unjuk rasa itu dilakukan menyikapi putusan hasil rekapitulasi nasional Pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Anies mengatakan, kerugian materil akibat kerusuhan 22 Mei di Jakarta beberapa waktu lalu mencapai Rp 400 juta.

"Sebetulnya kerugian itu banyak, soal tanaman, taman-taman, dan itu tanaman taman penggantinya sudah ada, tinggal ditanam. Cuma kalau divaluasi seperti yang kemarin disampaikan, Rp 400-an juta. Pos-pos yang kemarin dirusak akan kita perbaiki," kata Anies.

Korban luka akibat kerusuhan 22 Mei yang sempat dirawat di rumah sakit juga mulai pulih dan dipulangkan. Total saat ini jumlah korban yang masih dirawat tersisa 34 orang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓