Jokowi Masih Menunggu Momen Tepat untuk Bertemu Prabowo

Oleh Muhammad Ali pada 25 Mei 2019, 09:37 WIB

Fokus, Jakarta - Pasca-pengumuman rekapitulasi nasional KPU, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Presiden ketiga Republik Indonesia Baharuddin Jusuf (B.J) Habibie di Istana Merdeka, Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (25/5/2019), kedua tokoh santai berbincang dan melanjutkan pertemuan secara tertutup selama lebih dari satu jam.

Kedatangan Habibie ke Istana untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilu 2019. Mereka juga menyepakati untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa tanpa adanya tawar menawar.

Jokowi saat ini juga masih menunggu waktu yang tepat untuk bertemu dengan Prabowo Subianto guna mendinginkan suasana panas pasca-pemilu.

Sementara itu, prihatin dengan aksi ricuh 22 Mei, Civitas Akademika Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyerukan pesan persatuan dan perdamaian. Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan pihaknya merasa prihatin atas eskalasi kekerasan yang terjadi.

Ada lima poin seruan yang dibacakan Rektor UGM di Balairung Kampus UGM, Jumat kemarin, di antaranya, para elit politik dan elemen masyarakat kembali ke mengedepankan amanah proklamasi 17 Agustus 1945.

Mereka juga meminta kembali ke nilai-nilai kejujuran integritas apapun pilihan politik seharusnya tidak mengubah komitmen bersama sebagai bagian dari bangsa Indonesia untuk selalu mempertahankan dan memperkuat kesatuan. Ia juga meminta para elit politik dan masyarakat agar tidak saling melontarkan perkataan yang tidak patut kendati pilihan politik yang berbeda.