Sukses

Jokowi Bertemu BJ Habibie di Istana Merdeka

Habibie yang menunggu di ruang tunggu kemudian disambut oleh Jokowi yang mengenakan kemeja putih.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang Presiden ketiga RI BJ Habibie di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019). Habibie datang sekitar pukul 14.19 WIB mengenakan pakaian batik coklat.

Habibie kemudian menunggu di ruang tunggu dan disambut oleh Jokowi yang mengenakan kemeja putih.

Sebelumnya, usai pengumuman rekapitulasi Pilpres 2019 di KPU, Jokowi sudah menerima beberapa tokoh. Mulai dari pejabat hingga mantan presiden. Mulai dari Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri, dan mantan Wakil Presiden era Soeharto, Try Sutrisno.

Sebelumnya, BJ Habibie meminta semua pihak menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengetahui Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 2019.

Pada acara buka bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019, ia menceritakan bahwa pihak luar kerap bertanya pada dirinya tentang pemenang Pilpres 2019.

"Saya kemarin terima duta besar dari United Arab Emirates, pertanyaan pertama adalah, Pak, siapa yang menang, nomor 1 atau nomor 2," kata Habibie seperti dikutip dari Antara.

Ia menyesalkan bahwa banyak pihak yang kebingungan akibat adanya saling klaim bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu telah memenangi Pilpres 2019.

Ia mengkhawatirkan bahwa pihak yang kalah nantinya akan melakukan perlawanan dengan cara yang tidak sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku. Ia meminta semua pihak mengikuti mekanisme yang berlaku jika merasa dirugikan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.