Sukses

Kapolda Metro Jaya Pastikan Situasi Jakarta Sudah Kondusif

Hal itu disampaikan Kapolda Metro Jaya saat meninjau situasi di depan kantor Bawaslu, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono memastikan kondisi dan situasi Jakarta sudah kondusif. Masyarakat dapat beraktivitas normal kembali pasca-kerusuhan yang terjadi pada 21 sampai 22 Mei 2019.

"Ya, alhamdulillah kondusif, ya," kata Gatot saat meninjau situasi di depan Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Gatot mengatakan, aparat keamanan bersama dengan warga Jakarta menjaga situasi agar kondisi keamanan tetap kondusif bagi seluruh masyarakat beraktivitas.

"Kami beserta seluruh warga Ibu Kota juga menjaga iklim kondusif dari kemarin, hari ini, dan selanjutnya," ujarnya.

Gatot datang sekitar pukul 09.00 WIB untuk meninjau situasi dan kondisi terkini di depan Gedung Bawaslu dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Situasi di sekitar Gedung Bawaslu hingga saat ini terlihat aman. Lalu lintas dari arah Jalan Agus Salim menuju kawasan Tanah Abang juga lancar.

Sementara itu, sejumlah aparat keamanan terpantau tetap siaga di sepanjang Jalan MH Thamrin. Mereka menambah kawat berduri di beberapa lokasi, seperti samping pusat perbelanjaan Sarinah hingga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sarinah ,dan sepanjang jalur Transjakarta di jalan tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Diminta Tidak Khawatir

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga untuk tidak khawatir bepergian karena kondisi Ibu Kota relatif tenang dan aman setelah kericuhan 22 Mei.

"Jangan khawatir pergi ke mana saja, Jakarta aman. Hari ini semuanya sudah relatif tenang, karena itu saya menganjurkan kepada seluruh warga Jakarta berkegiatan seperti biasa," kata Anies usai pertemuan tertutup bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan tokoh-tokoh bangsa di Jakarta, Kamis 23 Mei 2019.

Sejumlah titik, yang beberapa waktu lalu terjadi kericuhan, kini sudah tenang. Anies juga meminta para pedagang di Tanah Abang untuk kembali beraktifitas supaya kegiatan perekonomian tidak terganggu.

"Ruas Jalan Thamrin dan beberapa jalan di sekitar Tanah Abang, Petamburan, Slipi sempat ada ketegangan, tapi sekarang, hari ini, semuanya sudah relatif tenang. Tanah Abang juga besok mulai kegiatan lagi," katanya.

Terkait rencana aksi damai untuk mengantarkan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Prabowo-Sandiaga, Anies mengatakan tidak ada skenario khusus untuk pengawalan dan pengamanannya.

"Tidak ada yang khusus, karena prosesnya konstitusional, jadi biar dikawal secara konstitusional juga," ujar Anies Baswedan dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.