Usai Kerusuhan 22 Mei, Kawasan Tanah Abang Kembali Normal

Oleh Liputan6.com pada 24 Mei 2019, 11:04 WIB
Diperbarui 25 Mei 2019, 19:14 WIB
Tanah Abang kembali normal

Liputan6.com, Jakarta - Ruas jalan di sekitar Pasar Tanah Abang dan Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat kembali dipadati kendaraan bermotor pada Jumat (24/5/2019). Padahal, sejak dua hari lalu, ruas jalan tersebut tidak bisa dilintasi karena terjadi kerusuhan aksi 22 Mei.

"Tadi jalan sekitar Tanah Abang sudah padat lagi ya, meski tidak semacet beberapa hari sebelum kejadian kemarin. Biasanya kalau tanggal segini, beberapa hari sebelum Lebaran, saya sudah tidak mau ke dekat pasar. Macet sekali soalnya," kata Irfandi, penarik ojek daring yang biasa mangkal di sekitar Stasiun Tanah Abang, Jumat (24/5/20190.

Meski kepadatan jalan sudah kembali terasa, beberapa pengguna jalan mengaku masih khawatir dengan adanya informasi kedatangan massa beberapa hari ke depan.

"Saya dengar mereka nanti mau datang lagi. Saya jadi sedikit khawatir, sih, karena di sini 'kan dekat yang biasanya orang demo," kata Nasrul, sopir bajaj yang berada di sekitar RS Budi Kemuliaan.

Namun, ketakutan akan demo susulan tidak menyurutkan usaha para pedagang yang berjualan di sekitar Jalan Budi Kemuliaan. Salah satunya Raditya, yang menjajakan minumannya di Jalan Budi Kemuliaan.

"Saya dikasih tahu katanya akan ada demo lagi. Tapi, saya tidak mau berhenti jualan. Kemarin saja saat rusuh, saya tetap jualan di sini. Saya sudah biasa lihat demo. Semoga saja tidak ada yang ricuh lagi," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Warga Diminta Tidak Khawatir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi RS Tarakan, Jakarta, Rabu (22/5/2019).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi RS Tarakan, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (Liputan6.com/ Fachrur Rozie)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga untuk tidak khawatir bepergian karena kondisi Ibu Kota relatif tenang dan aman setelah kericuhan 22 Mei.

"Jangan khawatir pergi ke mana saja, Jakarta aman. Hari ini semuanya sudah relatif tenang, karena itu saya menganjurkan kepada seluruh warga Jakarta berkegiatan seperti biasa," kata Anies usai pertemuan tertutup bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan tokoh-tokoh bangsa di Jakarta, Kamis 23 Mei 2019.

Sejumlah titik, yang beberapa waktu lalu terjadi kericuhan, kini sudah tenang. Anies juga meminta para pedagang di Tanah Abang untuk kembali beraktifitas supaya kegiatan perekonomian tidak terganggu.

"Ruas Jalan Thamrin dan beberapa jalan di sekitar Tanah Abang, Petamburan, Slipi sempat ada ketegangan, tapi sekarang, hari ini, semuanya sudah relatif tenang. Tanah Abang juga besok mulai kegiatan lagi," katanya.

Terkait rencana aksi damai untuk mengantarkan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Prabowo-Sandiaga, Anies mengatakan tidak ada skenario khusus untuk pengawalan dan pengamanannya.

"Tidak ada yang khusus, karena prosesnya konstitusional, jadi biar dikawal secara konstitusional juga," ujar Anies Baswedan dikutip dari Antara.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓