Sukses

Polri Pertanyakan Bukti Amien Rais Tuding Polisi Tembak Warga

Polri menegaskan, aparat kepolisian tidak dibekali senjata api saat mengamankan aksi 22 Mei 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri membantah tudingan politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menyebut aparat kepolisian menembak massa aksi 22 Mei 2019 secara ugal-ugalan hingga menimbulkan korban berjatuhan.

Polri mempertanyakan bukti yang dimiliki mantan Ketua MPR itu hingga menuding aparat kepolisian yang melakukan penembakan.

"Iya (kami bantah). Pak Amien Rais punya fakta apa? Sekali lagi tidak ada peluru tajam," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2019).

Dedi menjelaskan, prosedur pengamanan aksi demonstrasi sampai terjadinya kericuhan tak pernah ada penggunaan senjata api. Polisi yang dilengkapi senjata hanya pleton antianarkis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencegah

"Pleton antianarkis itu yang mengendalikan adalah Kapolda, itu pun sangat tergantung pada eskalasi ancaman," katanya.

Ketika eskalasi ancaman naik, sambung dia, sudah ada massa yang dikatakan membahayakan keselamatan masyarakat, aparat, dan merusak properti secara masif, itu pleton antianarkis turun.

"Untuk apa? Untuk mencegah, melokalisir agar unjuk rasa pendemo anarkis tersebut (tidak) merembet ke tempat lain," ucap Dedi menambahkan.

 

Reporter: Hari Ariyanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.